Pemkab Pamekasan Belum Mampu Entaskan Kemiskinan

Avatar of PortalMadura.Com
Pemkab Pamekasan Belum Mampu Entaskan Kemiskinan
dok. Gerbang Salam Pamekasan

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten () Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengklaim jika jumlah penduduk miskin di daerahnya dari tahun ke tahun terus menurun.

Berdasarkan data dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapeda) Pamekasan, jumlah penduduk miskin pada tahun 2012 sebanyak 160.300, pada tahun 2013 sebanyak 153.100, sedangkan pada tahun 2014 terus menurun menjadi 148.760 penduduk.

“Data itu berdasarkan rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pamekasan. BPS setiap tahun terus merilis angka statistik terkait dengan data kemiskinan dan sebagainya, tapi pada tahun 2015 belum dirilis oleh BPS,” ujar Kepala Bapeda Pamekasan, Zainal Arifin, Kamis (3/3/2016).

Ia mengaku sudah berupaya mengentaskan kemiskinan di bumi Gerbang Salam dengan beberapa program yang telah dijalankan, meski kemiskinan tersebut merupakan sunatullah yang tidak bisa dihilangkan, hanya saja bisa diminimalisir.

“Yang tahu kategori miskin itu adalah BPS, jadi disana yang menghitung semuanya. Secara kelembagaan yang memiliki tugas statistik adalah BPS, sedangkan kami adalah memanfaatkan data untuk mengevaluasi program yang kami jalankan,” tandasnya.

Pemkab bersama BPS sudah melakukan pemutakhiran data kemiskinan guna mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan. Sebab, selama ini program pengentasan kemiskinan dari pemerintah sering tidak tepat sasaran. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.