oleh

Pemkab Pamekasan Tak Punya Data Kemiskinan Terbaru

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur belum mengantongi data penduduk miskin 2015. Alasannya masih menunggu rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Pamekasan, Zainal Arifin mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemutakhiran data penduduk miskin dengan BPS. Namun, sampai sekarang hasilnya belum keluar.

“Harapan kami, hasilnya nanti tidak menyisakan persoalan lagi. Sebab, data-data selama ini yang kami buat acuan menanggulangi kemiskinan sering ada persoalan di masyarakat,” katanya, Sabtu (12/3/2016).

Pihaknya sudah melakukan beberapa program yang bersifat penanggulangan kemiskinan (nangkis) melalui beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mempunyai tugas mengentaskan kemiskinan.

“Penanggulangan kemiskinan ini dilakukan dari berbagai hal, ada yang bersifat individu, ada juga yang berbasis kelompok dan ada yang berbasis masyarakat luas,” pungkasnya.

Berdasarkan data dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapeda) Pamekasan, jumlah penduduk miskin pada tahun 2012 sebanyak 160.300, pada tahun 2013 sebanyak 153.100, sedangkan pada tahun 2014 terus menurun menjadi 148.760 penduduk. (Marzukiy/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.