Pemkab Sumenep Bakal Beri Nomor Register Pada Para Empu Keris

Avatar of PortalMadura.com
Semarak Hari Jadi ke 750 Sumenep, Ada Kirab 750 Empu Keris
dok. Kepala Disparbudpora, Carto (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dalam hal ini Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Kadisparbudpora) berencana akan memberikan nomor register kepada semua yang ada di Kabupaten ujung timur Pulau Madura ini.

“Upaya pemberian nomor register ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap para empu keris,” kata Kepala Disparbudpora Sumenep Carto, Jumat (25/10/2019).

Ia menyampaikan, setelah para empu keris memiliki nomor register, mereka akan diberikan semacam piagam dan akan diletakan di Museum Keraton Sumenep sebagai bukti bahwa para empu sudah terdaftar.

“Nanti akan diletakan di museum beserta contoh hasil kerajinan mereka,” paparnya.

Baca Juga: Pemain Diliburkan Dua Hari

Pada momentum hari jadi Sumenep 2019, para empu keris sebanyak 750 orang akan ditampilkan. Jumlah tersebut disesuaikan dengan umur Sumenep yang telah mencapai 750 tahun.

Jumlah empu keris di Kabupaten Sumenep hingga saat ini berjumlah ratusan. Mereka tersebar di Kecamatan Bluto, Saronggi, dan Lenteng, terbanyak berada di Desa Aeng Tong Tong. Bahkan saat ini Desa Aeng Totong Tong dijadikan sebagai satu-satunya desa wisata di Sumenep.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.