Pemkab Sumenep Siapkan Opsi Pemulangan Penumpang Kapal Tertahan di Kalianget

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Slamet HidayatEditor: Hartono
Bupati Sumenep Achmad Fauzi menemui ratusan calon penumpang kapal yang tertahan di Pelabuhan Kalianget, Rabu (4/1). (IST/PEMKAB SUMENEP)
Bupati Sumenep Achmad Fauzi menemui ratusan calon penumpang kapal yang tertahan di Pelabuhan Kalianget, Rabu (4/1). (IST/PEMKAB SUMENEP)

PortalMadura.Com, , Madura, Jawa Timur, menyiapkan opsi pemulangan ratusan calon penumpang kapal yang tertahan di Kalianget.

“Kapal penumpang itu bisa beroperasi jika cuaca laut kondusif. Kami masih terus berkoordinasi dengan para pihak terkait tentang kemungkinan adanya kapal penumpang yang beroperasi dan waktunya,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi di , Rabu (4/1).

Fauzi ke terminal penumpang dermaga III Pelabuhan Kalianget untuk menemui ratusan calon penumpang kapal yang tertahan akibat penundaan pemberangkatan kapal ke sejumlah pulau di Sumenep, karena sejak Jumat (30/12/2022) pekan lalu.

Data terbaru dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (P3A) Sumenep, jumlah calon penumpang kapal yang tertahan itu sebanyak 175 orang.

Rinciannya: sebanyak 131 calon penumpang kapal berada di Pelabuhan Kalianget dan 44 orang di Aula Kecamatan Kalianget.

Fauzi menjelaskan, ratusan calon penumpang kapal yang tertahan di Kalianget tersebut berasal dari beberapa pulau di Sumenep.

“Mereka tidak satu tujuan. Ada yang mau ke Kangean, Masalembu, Sapeken, dan Raas. Kami harus urai satu per satu,” ujarnya, menerangkan.

Kalau ada kapal penumpang yang beroperasi dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke Masalembu, kata dia, opsinya akan menyiapkan bantuan transportasi darat ke Surabaya.

Namun, itu akan dilakukan jika memang ada kapal penumpang yang beroperasi ke Masalembu.

Pemberangkatan kapal penumpang itu tergantung kondisi cuaca laut dan otoritas kesyahbandaran dan pelabuhan.

“Makanya, semoga saja cuaca segera kondusif agar kami bisa secepatnya memulangkan mereka yang tertahan di Kalianget ini. Koordinasi dengan para pihak terkait itu terus dilakukan oleh kami untuk menyiapkan opsi pemulangan,” kata Fauzi, menegaskan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.