Pemula, Begini Trik Terobos Banjir yang Benar dan Aman

Avatar of PortalMadura.com
Pemula, Begini Trik Terobos Banjir yang Benar dan Aman
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memasuki musim penghujan, biasanya yang menjadi penghalang dalam perjalanan adalah genangan air atau bahkan banjir yang lumayan tinggi.

Bagi pengguna motor pemula, mencari jalan lain atau menunggu hingga air mulai surut tentu menjadi pilihan lantaran sulit untuk menerobos jalan. Tapi bagi yang nekat, tidak sedikit dari beberapa orang yang rela menerobos dan tidak memedulikan kondisi kendaraannya.

Namun, amankah jika hal itu dilakukan?. Bagi Anda yang ingin mencoba melakukannya sebaiknya perhatikan lingkungan Anda dulu. Pasalnya, pengendara motor pemula disarankan untuk tidak langsung menerjang genangan. Lebih baik Anda terlebih dulu mengamati motor-motor yang melintas di genangan tersebut.

Fokuskan perhatian pada knalpot motor yang sama dengan yang dikendarai saat itu. Jika tinggi air di bawah knalpot, berarti genangan aman untuk dilewati.

Jangan sekali-kali nekat menerobos genangan banjir dengan kondisi lubang knalpot terendam air. Bisa dipastikan mesin akan langsung mati dan Anda harus berbasah-basahan mendorongnya ke tempat aman.

Saat melewati genangan, pertahankan kecepatan rendah secara konstan. Usahakan jaga jarak aman dengan kendaraan lain, agar motor tidak terhenti di tengah genangan air dan tidak menurunkan putaran gas selama melewatinya.

Selanjutnya, seimbangkan sepeda motor. Kemungkinan laju sepeda motor akan terhambat, bahkan akan sedikit terseret atau goyah saat melewati genangan air. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.