Pencurian Data Melalui Update Story Instagram: Bagaimana Mencegahnya

Avatar of PortalMadura.com

Pencurian Data Melalui Update Story Instagram: Bagaimana Mencegahnya
Pencurian Data Melalui Update Story Instagram: Bagaimana Mencegahnya

PortalMadura.com- Belakangan ini, tren penipuan melalui jalur update story menjadi sangat marak. Kementerian Komunikasi dan Informatika sangat memperhatikan hal ini dan meminta masyarakat untuk berhati-hati.

Fitur stiker “add yours” sangat disorot karena potensinya sebagai alat untuk melakukan pribadi. Oleh karena itu, setiap pengguna harus berhati-hati dan waspada.

Untuk menghindari terjadi pencurian data, setiap pengguna harus berhati-hati terhadap tren penipuan yang tengah marak di atau lainnya dengan melakukan teknik social engineering.

“Kita harus berhati-hati terhadap tren penipuan yang tengah marak di Instagram atau media sosial lainnya dengan cara social engineering,” tulis @indonesiabaik, dikutip Minggu (5/2).

Di era digital saat ini, keamanan data pribadi sangat penting untuk dikonsiderasikan. Pencurian data bukanlah hal yang baru dan seringkali terjadi melalui berbagai cara, salah satunya melalui update story Instagram.

Penipuan dengan teknik social engineering adalah suatu metode yang digunakan oleh pelaku penipuan untuk memanfaatkan kepercayaan dan emosi seseorang untuk mendapatkan informasi pribadi atau data-data penting.

Dalam hal ini, mereka biasanya mengatasnamakan diri sebagai perwakilan dari perusahaan atau lembaga terpercaya dan meminta informasi pribadi seperti nomor rekening, nomor kartu kredit, atau password.

Penipuan dengan teknik social engineering ini bisa dilakukan melalui berbagai jalur, seperti telepon, email, media sosial, atau bahkan langsung secara pribadi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap individu untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap tawaran atau permintaan yang tidak masuk akal dan meminta informasi pribadi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna untuk mengetahui bagaimana mencegah pencurian data melalui update story Instagram. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut:

1. Pastikan Anda Aman

Sebelum membagikan informasi pribadi melalui update story Instagram, pastikan bahwa akun Anda sudah terlindungi dengan baik. Caranya adalah dengan menggunakan password yang kuat dan mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor.

2. Hindari Memberikan Informasi Pribadi

Sebaiknya hindari memberikan informasi pribadi melalui update story Instagram, seperti nomor telepon, alamat email, atau informasi lain yang bersifat pribadi. Jika perlu, berikan informasi tersebut dengan cara yang lebih aman, seperti melalui pesan pribadi.

3. Berhati-hati dengan Tautan yang Diterima

Berbekal bahwa pencurian data sering terjadi melalui tautan, maka berhati-hatilah dengan tautan yang diterima melalui update story Instagram. Pastikan bahwa tautan tersebut datang dari sumber yang dapat dipercaya sebelum mengekliknya.

4. Gunakan Aplikasi Keamanan

Untuk mencegah pencurian data, gunakan aplikasi keamanan yang tersedia, seperti antivirus atau firewall. Aplikasi ini akan membantu menjaga keamanan informasi pribadi Anda saat menggunakan Instagram.

5. Aktifkan Fitur Privasi

Pastikan bahwa fitur privasi pada akun Instagram Anda sudah diaktifkan. Fitur ini akan membatasi siapa saja yang bisa melihat update story Anda dan meminimalisir risiko pencurian data.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat mencegah pencurian data melalui update story Instagram dan menjaga keamanan informasi pribadi Anda. Selalu waspada dan berhati-hati dalam berinteraksi di dunia digital.

Jangan Lupa Akses Berita dari Kami di Google News & Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.