PortalMadura.com

Penegak Hukum Dinilai Lamban Tangani Kasus Dugaan Penyimpangan Raskin Kepulauan

  • Jumat, 9 September 2016 | 19:56
Penegak Hukum Dinilai Lamban Tangani Kasus Dugaan Penyimpangan Raskin Kepulauan
dok. Ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com, Sumenep – Pegiat anti korupsi di Sumenep, Madura, Jawa Timur menilai penanganan dugaan kasus penyimpangan raskin tahun 2008 di tujuh (7) kecamatan kepulauan lamban.

“Sudah lama ditangani penyidik kejaksaan, tapi belum ada tersangka. Khususnya yang tujuh kecamatan di kepulauan,” kata aktifis anti korupsi, Junaidi, di Sumenep, Jumat (9/9/2016).

Tujuh kecamatan itu meliputi, Kecamatan Arjasa, Kecamatan Sapeken, Kecamatan Masalembu, Kecamatan Raas, Kecamatan Kangayan, Kecamatan Gayam, dan Kecamatan Nonggunung.

Pria yang mobilnya di bakar orang tak dikenal ini menuding, penyidik kurang serius dalam mengungkap kasus raskin. “Jangan-jangan penyidiknya masuk angin,” katanya.

Menurutnya, dalam kasus tersebut sudah jelas ada kerugian negara sebesar Rp18. 248.891.325, 00 (delapan belas milyar dua ratus empat puluh delapan juta delapan ratus sembilan puluh satu ribu tiga ratus dua puluh lima rupiah) dengan pelaku inisial RAA (buron).

Baca Juga:  RSD Sumenep Welcome, Tunggu Penyelesaian Administrasi Untuk di Rujuk ke RS dr Soetomo

“Tak ada alasan untuk menutupi kasus tersebut, karena kerugian negara sudah jelas dari hasil perhitungan BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Lebih lanjut Junaidi mebeberkan seharunya Kepala Gudang Beras Bulog Sumenep dan Camat di 7 (tujuh) kecamatan kepulauan, yang diduga bersekongkol membuat pengeluaran raskin fiktif segera ditetapkan sebagai tersangka.

“Seharusnya segera tetapkan sebagai tersangka orang-orang yang bersekongkol dalam pendistribusian raskin tersebut,” ujarnya.

Sementara, Kasi Intel Kejari Sumenep, Rahadian Wisnu mengaku kasusnya tetap berjalan, namun ada beberapa kendala yang harus kita sadari.

“Lokasinya sangat jauh, tetapi kita tetap tangani, namun tidak secepat seperti kasus yang Desa Poteran,” kilahnya. (Bahri/har)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional