oleh

Pengajuan Izin Operasional Ponpes Masih Ditutup

PortalMadura.Com, Sumenep – Pengajuan surat izin operasional pondok pesantren di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur masih tutup sejak tanggal 30 November 2020.

“Masih moratorium oleh pusat,” terang Plt Seksi Pendidikan Diniyah Pontren, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Sumenep, Muh. Rifa’i, Senin (21/12/2020).

Selamat Ibadah Puasa

Ia menjelaskan, izin operasional merupakan bentuk pengesahan bagi lembaga pondok pesantren (ponpes) sebagai dasar untuk melakukan berbagai kegiatan yang resmi. Dan dapat diketahui oleh pemerintah bahwa lembaga itu memiliki NSPP (nomor statistik pondok pesantren) dan SK (surat keputusan) secara nasional.

“Dan sebagai dasar sah bagi pihak manapun untuk memberikan kontribusi kepada lembaga pesantren itu,” tegasnya.

Menurutnya, lembaga pesantren yang tidak memiliki surat izin operasional itu, tidak berhak melakukan aktivitas secara kelembagaan.

“Kalau sampai ada yang melakukan aktivitas tanpa izin, itu kategori ilegal,” ujarnya.

Hal tersebut merujuk pada undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pondok pesantren (Ponpes).

“Disana juga diatur tentang izin, sarana prasarana dan ada lembaga apa saja yang ada di Pesantren itu layak untuk dibantu pemerintah,” terangnya.

Sementara pengajuan surat izin untuk lembaga diniyah dan Taman Pendidikan Al-quran masih dibuka. Karena pengurusan izin itu tidak pada ke pusat. (*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar