oleh

Pengamanan Berlapis pada Prosesi Baiat Penganut Syiah Sampang

PortalMadura.Com, Sampang – Prosesi pembaiatan terhadap pengikut aliran syiah yang dijadwalkan, Kamis (5/11/2020) di Pendopo Tunojoyo Sampang, Madura, Jawa Timur, akan mendapat pengawalan ekstra ketat dari petugas gabungan.

“Kami sudah menyiapkan semuanya. Termasuk keamanan di lokasi acara pembaiatan,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang, Yuliadi Setiawan, Rabu (4/11/2020).

Pengikut aliran syiah yang sedang mengungsi di Rumah Susun (Rusun) Puspa Agro, Jemundo, Sidoarjo pasca konflik sosial di Desa Blu’uran, Kecamatan Karang Penang, dan Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben akan dibaiat ke ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja).

Pada prosesi baiat, pemerintah daerah akan melibatkan unsur ulama, tokoh masyarakat, aparat keamanan dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sementara, Kapolres Sampang, AKBP Abdul Hafidz mengaku siap menurunkan petugas gabungan untuk pengamanan prosesi pembaiatan bagi penganut aliran Syiah. Pihaknya akan menerjunkan 425 personel.

“Proses pembaiatan, kami juga menerjunkan 100 personel Kodim 0828 Sampang. Begitupun unsur keamanan lainnya, bahkan dijaga secara berlapis dengan Brimob di lokasi pembaiatan,” terangnya.

Pengamanan ekstra ketat itu dilakukan dari pengawalan penganut Syiah dari Rusun Puspa Agro, Jemundo, Sidoarjo sampai di Pendopo Trunojoyo Sampang.

“Kami berharap, pelaksanaan pembaiatan yang dikuti warga paham aliran Syiah dapat berjalan dengan kondusif dan lancar,” pungkasnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Oktaviana Dwi K.K

Komentar