oleh

Pengamat : Pesilat Madura Harus Mampu Ambil Bagian dalam 4 Event Besar

PortalMadura.Com, Bangkalan – M Sjamsul Arief, pengamat olahraga sekaligus wasit-juri Internasional cabor pencak silat asal Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur mengungkapkan, agar pengkab IPSI di empat kabupaten di Madura mulai mempersiapkan diri untuk melakukan pemusatan latihan (puslatkab) secara terprogram terhadap atlet pesilat.

“Ini penting, karena dalam waktu dekat, akan ada empat event besar berskala regional dan nasional yang harus diikuti oleh para atlet pencak silat hasil binaan empat Pengkab IPSI di Pulau Madura,” kata Sjamsul,  beberapa saat sebelum berangkat bertugas di event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) se Jawa Timur di Kabupaten Gresik, Selasa (23/9/2014).

Empat event tersebut adalah Kejurda Pra Kualifikasi PON Remaja I di Surabaya pada kisaran Oktober 2014,  PON Remaja I di Jawa Timur pada akhir Desember 2914, Kejurda Pra Porprov V di Surabaya pada kisaran Maret 2015, serta event Porprov V tanggal 6 s/d 12 Juni 2015 mendatang di Kabupaten Banyuwangi.

“Para atlet harus  mampu menggaet prestasi emas agar kredibilitas dan jati diri Pulau Madura sebagai salah satu barometer kekuatan cabor pencak silat di Jawa Timur tetap terjaga dan berkesinambungan,” tegasnya.

Jika para atlet Madura berhasil menorehkan prestasi emas pada event Popda, otomatis akan menjadi duta Jawa Timur dalam event Popnas. Bahkan jika berhasil di tingkat Popnas, atlet Madura bakal mewakili Indonesia dalam event Asean School Games, yakni event pencak silat pelajar untuk semua negara di kawasan Asia Tenggara.

“Itu semua akan mampu diraih, bila apa atlet sudah dipersiapkan dari sekarang, baik pelatihan yang terprogram secara efektif maupun hal lain yang berkaitan dengan kualitas atlet,” tandas Sjamsul, yang juga Ketua Lembaga Wasit-Juri dalam kepengurusan Pengprov IPSI Jawa Timur.(dit/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.