oleh

Pengangguran Capai 11 Ribu, Sampang Libatkan Swasta Bangun Area Industri

PortalMadura.Com, Sampang – Ribuan warga Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur masih berstatus tidak bekerja atau menganggur sampai tahun 2019.

“Pengangguran mencapai 11 ribu orang,” sebut Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi, Jumat (28/6/2019).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Kabupaten Sampang mencapai 844.872 (tahun 2017) dengan luas wilayah 1.233,08 km² dan sebaran penduduk 685 jiwa/km².

Upaya untuk menekan angka pengangguran tersebut, Bupati membangun kerjasama dengan banyak perusahaan milik negara melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja(Diskumnaker) setempat.

“Diskumnaker mengusulkan, salah satunya melaksanakan job fair dengan melibatkan banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan,” terangnya.

Usaha lainnya, pemerintah daerah berencana membuka area industri. “Tentunya area industri padat karya yang mampu menyerap banyak tenaga kerja. Contoh, garmen dan lain-lain,” jelasnya.

H. Idi sapaan akrabnya, mengaku sedang komunikasi dengan beberapa perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar membantu mewujudkan area industri itu.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan survie lahan yang luasnya kurang lebih mencapai 100 haktare sebagai lokasi industri.

“Ada tiga perusahaan dari BUMN yang akan kami kunjungi agar bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah,” katanya tanpa menyebutkan jenis industri yang akan digandeng pemerintah.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar