Pengangguran Capai 11 Ribu, Sampang Libatkan Swasta Bangun Area Industri

Avatar of PortalMadura.com
Pengangguran Capai 11 Ribu, Sampang Libatkan Swasta Bangun Area Industri
Tanda merah merupakan wilayah Kabupaten Sampang. (sumber : wikipedia)

PortalMadura.Com, – Ribuan warga Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur masih berstatus tidak bekerja atau menganggur sampai tahun 2019.

“Pengangguran mencapai 11 ribu orang,” sebut Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi, Jumat (28/6/2019).

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Kabupaten Sampang mencapai 844.872 (tahun 2017) dengan luas wilayah 1.233,08 km² dan sebaran penduduk 685 jiwa/km².

Upaya untuk menekan angka pengangguran tersebut, Bupati membangun kerjasama dengan banyak perusahaan milik negara melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja(Diskumnaker) setempat.

“Diskumnaker mengusulkan, salah satunya melaksanakan job fair dengan melibatkan banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan,” terangnya.

Usaha lainnya, pemerintah daerah berencana membuka area industri. “Tentunya area industri padat karya yang mampu menyerap banyak tenaga kerja. Contoh, garmen dan lain-lain,” jelasnya.

H. Idi sapaan akrabnya, mengaku sedang komunikasi dengan beberapa perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar membantu mewujudkan area industri itu.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan survie lahan yang luasnya kurang lebih mencapai 100 haktare sebagai lokasi industri.

“Ada tiga perusahaan dari BUMN yang akan kami kunjungi agar bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah,” katanya tanpa menyebutkan jenis industri yang akan digandeng pemerintah.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.