oleh

Umat Islam, Ini 6 Keutamaan Memuliakan Anak Yatim

PortalMadura.Com – Anak yatim merupakan seseorang yang ditinggalkan oleh ayahnya yang meninggal semasa anak itu belum akil balig. Oleh karena itu, anak yatim memiliki keistimewaan dan kedududkan tinggi dalm Islam.

Bahkan dalam Alquran, ada 22 ayat yang membahas tentang anak yatim. Oleh karena itu, umat Islam diwajibkan untuk menyantuni dan berbuat baik pada anak yatim. Karena ada beberapa keutmaan yang akan Anda peroleh ketika memuliakan anak yatim. Penasaran?

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Berikut ulasannya:

Mendapat Balasan Surga
“Barangsiapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim di antara dua orangtua Muslim, dalam makan dan minumnya sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” (HR. Al-Baniy, Shahih At Targhib, Malik Ibnu Harits)

Memperoleh Perlindungan di Hari Kiamat
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Demi Allah yang mengutusku dengan kebenaran di hari kiamat Allah SWT tidak akan mengadzab orang yang mengasihi anak yatim dan berlaku ramah padanya serta manis tutur katanya.Dia benar-benar menyayangi anak yatim dan mengerti kekurangannya, dan tidak menyombongkan diri pada tetangganya atas kekayaan yang diperoleh Allah kepadanya.”(H.R. Thabrani)

Dekat dengan Rasulullah di Surga
Nabi Muhammad Saw bersabda: “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian Rasulullah mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau serta agak merenggangkan keduanya” (HR. Bukhari)

Baca Juga: Umat Islam, Ini 6 Keutamaan Memuliakan Anak Yatim 

Membawa Berkah ke Dalam Rumah
Dengan menyantuni dan memelihara anak yatim, maka akan banyak kelimpahan berkah yang ada pada rumah tersebut tidak peduli seberapa bagus atau jelek rumah tersebut. Sebaik-baik rumah di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan sejelek-jelek rumah di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim dan dia diperlakukan dengan buruk.”(HR. Ibnu Majah)

Melunakkan Hati yang Keras
“Sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi ? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.” (HR. Al-Baniy, Shahi Al-Jami’, Abu Darda).

Dikasihi oleh Allah SWT
“Orang-orang yang pengasih akan dikasihi oleh Ar Rohman (Yang Maha Pengasih). Kasihilah siapa yang ada dibumi niscaya engkau dikasihi oleh yang di langit.” [HR. Abu dawud, Tirmidzi dan lain-lain. As silsilatu shohihah : 925].

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar