oleh

Pengembangan Transportasi Udara “Water Base” Memasuki Penyusunan DED

PortalMadura.Com, Sumenep – Pengembangan transportasi udara yang akan menggunakan landasan pacu di air atau water base di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sudah memasuki penyusunan Detail Engineering Design (DED).

“DED itu diprediksi akan selesai pada bulan Mei tahun ini. Jadi, bulan Juni sudah memasuki lelang fisiknya,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Agus Sulistiono, Selasa (25/2/2020).

Menurutnya, pemerintah daerah berencana menambah pelayanan transportasi udara dari daratan ke wilayah Pulau Kangean. Karena selama ini masyarakat hanya terpaku pada transportasi laut, meski sudah ada transportasi laut dengan sistem perintis tapi hanya sekali penerbangan dalam seminggu.

“Makanya tahun ini kami kembangkan penerbangan dengan menggunakan water base,” ucapnya.

Ia menyatakan, pembangunan water base tersebut direncanakan akan ditempatkan di Desa Kalisangka. Karena di daerah tersebut ada cekungan yang arusnya tidak terlalu besar sehingga cocok untuk water base.

“Pemkab hanya menyiapkan sarananya. Soal pesawat yang akan digunakan untuk melayani warga kepulauan nanti, itu bukan ranah kami. Kami hanya menyiapkan sarananya,” tegasnya.

Baca Juga : Warga Bersikukuh TPA Ditutup, 15 Tahun Merasa Dibohongi Pemerintah Daerah

Ia menambahkan, untuk anggaran penyusunan DED dan pembangunan fisik, pemerintah daerah menyiapkan Rp 6 miliar di APBD tahun 2020 ini.

“Insya Allah tahun ini bisa beroperasi. Jadi, akan ada pelayanan tambahan transportasi untuk masyarakat kepulauan pada tahun ini,” tegasnya.

Penulis : Samsul Arifin
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar