oleh

Pengembangan Wisata, NU Sumenep Berharap Perhatikan Kearifan Lokal

PortalMadura.Com, Sumenep –  PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berharap, pengembangan sejumlah objek wisata oleh Pemkab setempat harus tetap memperhatikan tradisi dan nilai-nilai kearifan lokal.

“Kami mendukung atas upaya pemerintah yang terus mengembangkan tempat wisata, tapi pemerintah jangan sampai meninggalkan nilai kearifan lokal,” ungkap Ketua PC NU Sumenep, Panji Taufiq, Jumat (3/6/2016).

Menurutnya, Sumenep memiliki potensi wisata baik bahari, wisata alam, dan religi di daerahnya sehingga perlu pengelolaan yang serius dari pemerintah.

“Pemerintah juga harus memperhatikan hak-hak rakyat yang ada disekitar wisata tersebut, beri kesempatan pada warga untuk meningkatkan perekonomiannya dengan cara apapun,” ucapnya.

Ia menyampaikan, pariwisata merupakan keharusan bagi Pemkab dalam meningkatkan pembangunan daerah, namun konsep pengembangan pariwisata itu diharapkan tidak memperhangus budaya dan tradisi yang ada seperti seni bahkan harus melindungi tanah yang menjadi hak-hak warga.

“Tanah warga yang ada dilokasi wisata juga diperhatikan,” harapnya.

Kendati demikian, lanjut Panji, dalam beberapa upaya termasuk pengembangan wisata dipastikan terdapat dampak positif maupun negatifnya, namun yang terpenting pengembang baik Pemkab maupun investor harus dapat meminimalisir dampak buruk atau mafsadat dari pembangunan tersebut.

“Harus lebih besar manfaatnya dibanding mudaratnya,” imbuhnya. (arifin/choir)

Komentar