Pengendara, Begini Posisi Duduk yang Benar untuk Menghindar dari Kecelakaan

Avatar of PortalMadura.com
Pengendara, Begini Posisi Duduk yang Benar untuk Menghindar dari Kecelakaan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu hal yang juga perlu diperhatikan dalam berkendara selain mengenal fitur-fitur kendaraan yaitu posisi . Sejauh ini, masih banyak pengendara yang kurang peduli atau duduk semaunya sendiri tanpa memerhatikan keamanan sendiri dan penumpang.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana mengatakan, pentingnya posisi duduk ini juga perlu menjadi perhatian bagi penumpang.

“Ini yang paling penting. Posisi duduk salah satu yang menentukan (pengemudi dan penumpang) selamat atau tidak. Pengemudi juga harus meyakinkan penumpang agar aman sampai tujuan. Kalau jadi penumpang, lihat pengemudinya 5-10 menit ke depan, kalau dia bawanya tidak safety lebih baik kalian turun,” ujar Sony.

Menurutnya, dalam mengatur posisi duduk harus memastikan punggung pengemudi menempel benar dengan jok.

“Bagian punggung harus nempel gak boleh maju. Karena dengan menempel Anda akan lebih sensitif dengan gerakan kendaraan,” ujarnya.

Selain itu, pengemudi juga harus mengatur jarak setir dengan dada. Hal ini untuk mengantisipasi bila terjadi hal yang tidak terduga saat kendaraan melaju.

“Posisi tangan harus ada di arah jarum jam 9 dan jam 3, jaraknya sekitar 35-40 cm, tujuannya adalah saat tangan berputar memutar setir dia mendapat moment. Jadi salah kalau kita menyetir melepas satu tangan karena saat selip atau ban pecah pasti akan sulit mengontrolnya,” sambungnya.

Setelah mengatur letak tangan, jarak duduk dengan setir, jangan lupa juga untuk menyetel kaca spion kanan, kiri, dan tengah (untuk melihat bagian belakang).

“Lihat spionnya. Nanti kalau tidak disetel gak bisa lihat objek di belakang. Ini harus benar dulu, ini salah satu yang menentukan kalian selamat atau tidak. Dan menyetir apapun kondisinya harus dalam keadaan rileks,” tutup Sony.

Jadi dari penjelasan di atas, sangat penting untuk menjaga atau mengatur posisi duduk dengan baik agar keselamatan Anda ataupun penumpang lebih terjamin. Sebab, apabila Anda asal-asalan duduk tentu Anda sendiri yang akan merasa rugi. Entah mengenai keamanannya atau keselamatannya. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.