oleh

Pengendara Harus Tahu, Ini Tanda-tanda Ban Siap Pecah

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, angka kecelakaan di jalan raya relatif cukup tinggi, baik di jalan tol ataupun di jalan biasa. Salah satu penyebabnya lantaran ban yang tiba-tiba pecah.

Apalagi saat kecepatan dalam berkendara cukup tinggi dan pengendara tidak bisa mengantisipasinya dengan baik. Biasanya kendaraan akan kehilangan arah.

Nah, untuk mengurangi risiko yang dapat ditimbulkan oleh ban yang pecah, lakukan pengecekan kondisi ban secara rutin setiap satu bulan sekali.

Saat melakukan pengecekan ban, perhatikan tanda-tanda yang menunjukkan sudah waktunya ban harus diganti. Ada tiga ciri ban yang harus diganti. Pertama, kembang ban sudah rata dengan TWI (tread wear indicator). Bila tanda TWI ini sudah mulai bergesekan langsung dengan aspal, ini menandakan bahwa kembang ban tersebut sudah tipis.

Kedua, ada benjolan pada ban. Ban yang benjol permukaannya lebih tipis dibandingkan dengan sisi lain. Jika dibiarkan dan terjadi gesekan secara terus menerus dengan aspal, maka akan panas dan dapat pecah seketika.

Selanjutnya, ban mobil retak. Hal ini kerap terjadi pada ban yang usianya lebih dari empat tahun. Penyebabnya, karet sudah mulai mengeras. Selain itu, retak kerap terjadi pada ban yang tekanan anginnya sering kurang dari standar. (viva.co.id/Putri)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.