4 Cara Perlakukan Asisten Rumah Tangga Menurut Pandangan Islam

Avatar of PortalMadura.Com
4 Cara Perlakukan Asisten Rumah Tangga Menurut Pandangan Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com (ART) merupakan seseorang yang membantu pekerjaan di rumah. Dengan adanya mereka bisa meringankan beban untuk membersihkan rumah, memasak atau mencuci. Namun, saat ini yang banyak terjadi yaitu majikan yang memperlakukan pembantu rumah tangganya seperti ‘budak'. Menyiksa, tidak membayar upah mereka bahkan ada yang melakukan pelecehan seksual.

Padahal, seharusnya Anda harus bersikap baik pada ART, sebagaimana Al Ma'rur bin Suwaid berkata: Aku melihat Abu Dzar memakai pakaian bagus dan pembantu (laki-laki) nya pun memakai yang sama. Aku bertanya tentang hal itu. Diceritakan bahwa Abu Dzar pernah mencaci seseorang di zaman Rasulullah dan mencaci ibunya juga. Orang itu datang kepada Rasulullah dan menceritakan hal itu.

Rasulullah berkata (kepada Abu Dzar): Sesungguhnya kamu adalah seseorang yang masih memiliki sifat jahiliyyah. Saudaramu yang Allah jadikan ada di bawah tanganmu. Barangsiapa yang saudaranya ada di bawah tangannya, maka berilah ia makan seperti ia makan. Berilah ia pakaian seperti ia berpakaian dan jangan membebani pekerjaan yang tidak sanggup ia lakukan. Jika kamu membebaninya, maka bantulah ia. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits di atas, Anda bisa mengetahui beberapa poin penting dalam memperlakukan pembantu:

Memberi Makan Sebagaimana Anda Makan
Ada orang yang membedakan, untuk pembantu diberi makanan murah atau sisa makan keluarganya. Sedangkan dirinya dan keluarganya bisa makan mewah. Islam justru mengajarkan untuk menjadikan pembantu sebagai bagian dari keluarga sendiri.

Memberi Pakaian Sebagaimana Kita Berpakaian
Jika pakaian yang dikenakannya buruk, maka berilah pakaian yang bagus sebagaimana Anda berpakaian.

Tidak Memberi Pekerjaan yang Membebani di Luar Batas Kemampuannya
Jika ART hanya sanggup mengerjakan 8 jenis pekerjaan, maka jangan membebaninya dengan 10 pekerjaan. Ada baiknya terus berkomunikasi apakah ART mengalami kesulitan atau bagaimana, agar Anda tahu benar batas kemampuannya.

Membantunya Jika Kesulitan Dalam Pekerjaannya
“Buat apa bayar pembantu kalau Anda juga harus bantuin dia…”

Tidak demikian di dalam ajaran Islam, Anda perlu juga membantu pembantu Anda jika ART kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memperlakukan ART/PRT sesuai ajaran Islam. Semoga bermanfaat. (ummi-online.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.