oleh

Pengguna Kawat Gigi, Ini 8 Makanan yang Aman Anda Konsumsi

PortalMadura.Com – Penggunaan kawat gigi kini kian menjadi tren di kalangan kaula muda, khususnya kaum wanita. Namun, pemasangan kawat ini tidah hanya untuk penampilan semata, ternyata juga memiliki manfaat untuk Kesehatan. Salah satunya agar susunan gigi penggunanya terlihat lebih rapi.

Perlu diketahui, di awal pemasangan kawat gigi, memang akan terasa menyakitkan dan merepotkan. Mengapa demikian?. Sebab, terjadi banyak tekanan di gigi dan rahang yang membuat Anda merasakan nyeri berkepanjangan. Kemudian, masih ditambah lagi dengan munculnya masalah gigi sensitif dan ketidaknyamanan lain.

Nah, di tengah ketidaknyamanan ini, maka akan muncul pula permasalahan konsumsi makanan. Karena makanan akan dengan mudah terjebak di antara gigi dan kawat, yang jika tidak dibersihkan dengan seksama bisa membuat mulut bau hingga gigi berlubang. Anda menghadapi dilema yang sama?. Ya, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa contoh makanan yang aman dikonsumsi untuk Anda yang menggunakan kawat gigi.

Berikut delapan makanan yang aman dikonsumsi pengguna kawat gigi:

Yogurt
Ada aturan tidak tertulis tentang jenis makanan yang bisa dikonsumsi pengguna kawat gigi, yaitu makanan yang lunak, semi cair, dan sebisa mungkin tidak mengandung gula tinggi. Alasannya, karena makanan dengan tekstur ini tidak akan tersangkut di gigi. Dan makanan rendah gula tidak akan merusak kesehatan gigi.

Salah satu contoh dari makanan yang memenuhi kriteria ini adalah yogurt tanpa perasa. Anda akan dengan mudah mengonsumsinya dan Anda bisa membersihkannya tanpa kesulitan, yaitu dengan cara berkumur.

Telur
Telur, baik kuning telur atau putih amatlah mudah untuk dikunyah. Kandungan protein di dalamnya juga berguna untuk menjaga kesehatan gusi. Pastikan bahwa Anda menyikat gigi dengan benar sesudah makan telur. Jika tidak, akan muncul bau mulut yang sangat mengganggu.

Pisang
Demi menjaga kesehatan tubuh, Anda disarankan untuk banyak makan buah. Contoh dari buah yang aman dikonsumsi pemakai kawat gigi adalah pisang. Ya, makan pisang tidak akan menimbulkan risiko sisa makanan terjebak di antara gigi dan kawat gigi. Bonusnya, makan pisang amatlah bermanfaat untuk menguatkan gigi.

Mashed Potato
Mashed potato atau kentang tumbuk adalah makanan sederhana namun sehat. Teksturnya yang lembut membuatnya mudah dikunyah bagi si pengguna kawat gigi. Agar terasa lebih lezat dan sehat, Anda bisa menambah susu dan merica halus ke dalamnya.

Sup
Beberapa waktu pertama setelah memasang kawat gigi bisa menjadi saat yang menyakitkan. Belum lagi biasanya 24 jam setelah pemasangan, Anda harus kembali ke dokter gigi untuk mengencangkan kawat yang dipasang. Rasanya?. Tentu saja menyakitkan dan mungkin membuat Anda kesulitan untuk makan.

Supaya Anda tidak kelaparan dan kesehatan tetap terjaga, Anda bisa mengonsumsi sup hangat. Beragam makanan sehat di dalamnya akan memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Es Krim
Makan es krim setelah Anda memasang kawat gigi ternyata berguna untuk menghilangkan rasa sakit yang muncul. Tentunya, pilih es krim dengan kandungan gula rendah agar tidak merugikan kesehatan gigi Anda.

Buncis Rebus
Pemakai kawat gigi disarankan untuk menghindari makanan dengan tekstur keras agar tidak menyakiti giginya. Lalu bagaimana dengan Anda yang harus makan sayur?. Ya, Anda bisa mencoba dengan makan buncis yang direbus untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Nasi Putih
Bergembiralah bagi Anda yang doyan makan nasi. Sebab, makanan ini aman untuk dikonsumsi mereka yang memakai kawat gigi. Sementara nasi merah memiliki tekstur yang tidak nyaman di gigi si pemakai kawat. Tentu saja, jangan berlebihan saat makan nasi putih. Sebab, nasi putih memiliki kandungan gula yang wajib untuk Anda waspadai.

Jadi, Anda seorang pemakai kawat gigi?. Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan di atas untuk kesehatan dan kenyamanan gigi Anda. (merdeka.com/Salimah)