Pengguna Mobil, Begini Cara Tepat Rawat Sunroof

Avatar of PortalMadura.com
Pengguna Mobil, Begini Cara Tepat Rawat Sunroof
ilustrasi (otosia.com)

PortalMadura.Com – Saat ini mayoritas kendaraan roda empat dilengkapi dengan sunroof untuk menambah kesan mewah dan elegan. Selain itu, sunroof juga bisa memberikan penerangan alami ke dalam kabin.

Sebagaimana menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana, hal yang harus diperhatikan adalah kondisi karet sunroof. Sebab, elemen ini penting untuk mencegah kebocoran.

“Paling penting pada sunroof jangan sampai lengah dalam perawatan karetnya pada sekeliling kaca. Pastikan kondisinya apakah masih lentur atau keras,” terang Indah.

Indah melanjutkan, rusaknya karet biasanya karena penggunaan dan kerap terpapar matahari. Ada baiknya pemilik mobil menyiapkan cairan silikon sebagai pelembap untuk perawatan.

Baca Juga: Kenali Trik Jitu Bikin Sunroof Mobil Tetap Awet

Membersihkan karet dan rel penggerak buka-tutup sunroof juga jangan terlewatkan. Pemilik kendaraan bisa membersihkan sendiri jalur rel tersebut dari debu atau kotoran lainnya tanpa harus repot pergi ke bengkel spesialis.

Selain itu, menurut Indah, kondisi rel perlu diperhatikan terutama bagi pemilik mobil yang jarang memanfaatkan atau membuka sunroof. Dikhawatirkan bila terlalu lama didiamkan bisa membuat motor penggerak menjadi macet saat digunakan, belum lagi ditambah dengan adanya penumpukan debu pada rel dan karet.

“Seperti pintu sliding door, sektor rel ini perlu diperhatikan karena pengerjaannya secara elektronik. Untuk karet, baiknya selain dibersihkan, pemilik juga sering memberikan silicon spray untuk menjaga kelenturannya,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.