oleh

Penghasilan Pemilik Perahu Penyeberangan Meningkat 10 Kali Lipat

PortalMadura.Com, Sumenep – Para pemilik perahu dipenyeberangan Kalianget menuju Talango (Kepulauan Poteran) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur meningkat hingga 10 kali lipat dari hari sebelumnya.

Meningkatnya pendapatan tersebut karena hanya satu kapal penumpang yang melayani penyeberangan jarak pendek atau dengan jarak tempuh 10 menit dalam kondisi normal. Sedangkan aktivitas masyarakat sangat tinggi ditambah dengan meningkatnya peziarah ke Makam Sayyid Yusuf di wilayah Talango.

“Kalau tiga kapal beroperasi, pemilik perahu paling banyak tiga sampai empat kali dalam sehari melayani warga yang akan menyeberang dari Kalianget-Talango maupun sebaliknya,” terang Moh. Abduh (48), salah seorang pemilik perahu rakyat di Pelabuhan Talango (Kepulauan Poteran) Sumenep, Sabtu (21/6/2014).

Namun, sejak Jumat (20/6/2014) malam, para pemilik perahu bolak-balik melayani masyarakat yang akan menyeberang. Bahkan, sejak Sabtu pagi hingga sore ini, puluhan perahu rakyat terlihat sibuk melayani warga, baik yang akan menuju kota Sumenep maupun sebaliknya.

iklan hari santri

“Dari pagi sampai sore ini, pendapatan naik hingga sepuluh kali lipat. Karena kapal yang beroperasi masih satu armada,” terangnya.

Pengguna perahu rakyat tersebut mayoritas kendaraan roda dua dan warga yang akan menyeberang serta peziarah yang akan menuju Makam Sayyid Yusuf Talango.

“Perahu rakyat sudah melayani semua dari pagi hingga sore ini. Masih saja terjadi antrian. Kalau yang menggunakan kendaraan roda empat ya tetap menunggu kapal,” tambah Mashuri, salah seorang pemilik perahu penyeberangan.

Diprediksi, aktivitas masyarakat untuk penyeberangan Kalianget-Talango akan terjadi hingga malam hari. Jika dua kapal lain yang biasa melayani tetap tidak beroperasi. “Besok hari libur, biasanya peziarah dari luar kota semakain ramai. Otomatis, pendapatan pemilik perahu rakyat akan terus meningkat,” pungkasnya sambil tersenyum.(htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.