Penting, 6 Cara Pertolongan Pertama Pada Smartphone yang Terkena Air

Avatar of PortalMadura.Com
Penting, 6 Cara Pertolongan Pertama Pada Smartphone yang Terkena Air
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini kecanggihan teknologi pada sudah dibekali dengan sertifikat anti . Namun, hal itu tidak menjamin smartphone akan tetap hidup meski terjatuh dalam genangan air. Jadi, air masih menjadi musuh utama dari pengguna perangkat pintar.

Jangan hanya bisa pasrah jika smartphone Anda terkena air. Banyak cara yang bisa Anda lakukan dan ternyata tidak terlalu rumit. Penasaran caranya gimana?.

Berikut ulasannya:

Segera Matikan
Saat terkena air, hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan smartphone. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi risiko kerusakan.

Lepas Casing, Kartu SIM dan Kartu Memori
Langkah selanjutnya adalah melepas casing, jika perangkat Anda memakai pelindung. Tidak lupa, lepas kartu SIM termasuk kartu memori yang masih berada di dalam smartphone.

Coba Lepas Baterai
Jika smartphone Anda memiliki baterai yang dapat di lepas, segera lepas dari perangkat. Namun, Anda perlu membaca keterangan di baterai untuk memastikan baterai tersebut dapat dilepas secara aman.

Keringkan dengan Lap Halus
Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengeringkan smartphone dengan menggunakan lap berbahan halus. Anda dapat memanfaatkan tisu atau lap lain sejenis.

Manfaatkan Pengering
Anda juga dapat memanfaatkan hair dryer atau mini vacuum untuk membantu mengeringkan smartphone. Namun, lakukan secara hati-hati agar tidak merusak komponen dalam perangkat.

Rendam dalam Beras
Proses selanjutnya adalah merendam smartphone dalam beras. Selain mudah ditemukan, beras juga dikenal bagus untuk menyerap kelembapan udara dan mengeluarkan kandungan air di smartphone.

Hanya saja, pastikan beras yang digunakan memilliki kemampuan menyerap air yang baik. Bukan beras biasa yang Anda temukan di toko-toko kelontong biasa.

Tunggu Beberapa Hari
Tahap pengeringan di beras membutuhkan waktu setidaknya dua hari. Lalu, Anda dapat memasang kembali baterai, menyalakan smartphone, dan coba diisi daya. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.