oleh

Penting! Ini 6 Aturan Dasar Grooming di Dalam Pesawat

PortalMadura.Com – Etika atau aturan memang harus diterapkan dalam aktivitas sehari-hari. Salah satunya yaitu saat bepergian menggunakan moda transportasi udara atau pesawat. Hal ini perlu dilakukan supaya tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain, dilansir dari Okezone.com, Minggu (8/9/2019).

Adapun contoh etika dasar ketika di pesawat adalah mengenai aturan berdandan, atau yang lebih dikenal dengan sebutan grooming. Lantas, apa saja etika dasar soal grooming di dalam pesawat?.

Berikut enam aturan dasar grooming di dalam pesawat, seperti yang dikutip Okezone.com dari Southchinamorningpost:

Menyisir Rambut

Aktivitas menyisir rambut di dalam pesawat memang tampaknya sangat sepele dan tidak termasuk dalam kegiatan bermasalah. Kegiatan ini jika dilakukan sekali tentu tidak mengganggu, namun jadi lain cerita bila dilakukan berulang kali.

Selama menyisir rambut, tidak menutup kemungkinan rambut-rambut Anda akan rontok dan beterbangan ke arah tubuh atau baju penumpang lain, atau pun tersangkut di bangku penumpang lain. Sebaiknya sisir rambut ketika sudah mendarat, atau lakukan di toilet.

Cukuran

Sebisa mungkin hindari kegiatan yang satu ini, baik itu mencukur bulu-bulu halus di wajah, kepala, atau tubuh sambil duduk santai di samping penumpang pesawat lain.

Perawatan Mulut

Sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas di kursi pesawat yang berhubungan dengan perawatan mulut, baik itu flossing, menyikat gigi, hingga mengoleskan pemutih gigi. Sebab, Anda tidak tahu berapa banyak kuman yang ada di sekitar kursi yang Anda duduki.

Memasukkan tangan ke mulut ketika berada di dalam pesawat, memang bukan jadi pilihan pintar untuk dilakukan. Kedua, kegiatan bersih-bersih mulut ini pastinya mengganggu sesama penumpang lainnya.

Loading...

Skincare

Jika ingin mengoleskan lotion atau pelembap, pastikan lotion yang dipakai memiliki aroma ringan bukan malah yang baunya menyengat. Cukup oleskan di bagian lengan dan tangan saja.Tidak perlu semua bagian tubuh dioleskan. Selain itu pilih produk berupa krim, gel, atau serum. Hindari lotion dan pelembap yang berbentuk spray atau mist, yang sifatnya lebih susah dikontrol.

Baca Juga: 6 Cara Cegah Bayi Menangis dalam Perjalanan Saat Gunakan Pesawat

Kuku

Selain menyisir rambut, aktivitas lain yang bisa mengganggu penumpang di sekitar Anda dan juga kebersihan, yaitu menggunting kuku. Jika Anda tidak tahan, lakukan di kamar mandi pesawat bukan ketika duduk di kursi. Saat sudah melakukannya di kamar mandi, jangan lupa untuk membersihkan sampah bekas kuku-kuku sampai benar-benar bersih.

Sheet Mask

Tekanan udara di pesawat yang membuat kulit kering memang membuat sebagian orang jadi ingin memasang sheet mask ketika sedang terbang. Memakai sheet mask saat di pesawat, memang sah-sah saja dan sebetulnya tidak begitu mengganggu.

Akan tetapi perlu Anda ingat, jangan menumpuk sheet mask di atas meja bak setelah selesai menggunakannya, atau menaruhnya di saku kursi belakang. Masukan kembali ke dalam kemasannya dan buang di tempat sampah. Pasalnya, selain membuat pesawat terlihat kotor, aktivitas ini juga bisa mendatangkan ketidaknyamanan penumpang lain.


Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar