oleh

Penyaluran Rastra Belum Ada Petunjuk Pemerintah Pusat

PortalMadura.Com, Bangkalan – Penyaluran program bantuan berupa Beras Sejahtera (Rastra) untuk wilayah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, belum ada perintah dan petunjuk dari pemerintah pusat.

Hingga Sabtu (12/1/2019), pihak Perum Bulog Sub Wil XII Madura belum menerima pagu maupun petunjuk teknis dari Kementerian.

“Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kami juga belum tahu,” kata Kepala Gudang Bulog Kabupaten Bangkalan, Selamet Riyadi.

Pada tahun 2018, setiap bulan menyalurkan sekitar 900 ton lebih dengan jumlah KPM sebanyak 93. 575 KK.

Selama penyaluran Rastra, pihaknya mengaku tidak pernah menerima pengaduan dari masyarakat yang berkaitan dengan kualitas beras.

Ia menjelaskan, bahwa beras yang disalurkan adalah kualitas medium, dan berbeda dengan beras di pasaran yang sudah kualitas premium.

“Alhamdulillah, selama ini belum ada pengaduan terkait kualitas beras kita buruk. Juga kita tidak pernah kekurangan stok, jadi aman,” ucapnya.

Baca Juga : Sampang Masih Butuh 4 Tahun Ciptakan Desa Bebas BAB Sembarangan

Pihaknya mengingatkan pada masyarakat, apabila ditemukan beras tidak layak konsumsi, segera memberitahukan dan akan dilayani dalam jangka waktu 1 X 24 Jam.

Diakui dia, pihaknya tidak mengecek 100 persen beras yang dikirim ke gudang penyimpanan, hanya 10 persen yang dicek.

“Katakanlah isinya 600-san dalam satu truk, maka yang dicek cuma 60-an. Kalau 60 itu pas dicek kebetulan baik semua, maka 600 itu dianggap baik semua. Standar Operasional Prosedur (SOP)-nya seperti itu,” terangnya.

Bantuan beras yang disalurkan pihak Bulog gratis tanpa pungutan sepeserpun. Selama beras yang disalurkan masih berada di armada, maka tetap tanggung jawab penuh Bulog.

“Jadi dari Bulog sampai ke Balai Desa masih tanggung jawab kami. Dalam empat bulan pertama tahun 2019 ini, dimungkinkan bantuan Rastra akan dilaksanakan. Intinya kami selalu siap,” tandasnya. (Imron/Putri)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
spt tahuna
Loading...
Loading...