Penyebab Baterai Laptop Mudah Habis, Berikut dengan Cara Mengatasinya

Avatar of PortalMadura.Com
Penulis: HartonoEditor: Hartono
Penyebab Baterai Laptop Mudah Habis, Berikut dengan Cara Mengatasinya
ilustrasi

PortalMadura.ComSIPLAah merupakan salah satu e-commerce yang asli milik pemerintah dan dijalankan oleh BliBli. Layaknya e-commerce pada umumnya, toko online ini juga menyediakan banyak kebutuhan. Hanya saja dagangan yang ada di toko online ini fokus pada kebutuhan sekolah.

Salah satu barang kebutuhan yang dijual di e-commerce milik pemerintah ini adalah baterai . Yakni benda yang tampaknya sepele namun memiliki fungsi yang sangat penting. Buat pelajar yang pakai laptop sebagai media belajar mungkin paham dengan hal tersebut. Oleh sebab itu keberadaannya sangat dijaga sekali agar awet dan tahan lama.

Agar tetap terjaga dan dapat dipakai dalam jangka waktu lama, sangat disarankan untuk menjaganya agar tidak cepat rusak. Bila Anda tidak tahu apa saja penyebab dari baterai laptop cepat habis dan tidak tahu cara mengatasinya. Simak artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Mudah Habis

Di pasaran ada banyak sekali penjual yang jual baterai laptop, hanya saja keasliannya masih belum dapat dipastikan. Agar Anda tidak tertipu dengan oknum nakal, sebaiknya beli di toko yang mampu memberikan jaminan atas keaslian barang yang dijual. Seperti SIPLAah yang berani memberikan jaminan dan hanya menjual barang-barang original serta berkualitas.

Misalnya seperti adalah baterai laptop yang dijual pun dijamin original dan tidak akan membuat menyesal pembelinya. Tapi, sebelum Anda yakin ingin beli baterai laptop sebagai pengganti baterai lama yang rusak. Alangkah baiknya ketahuilah dulu apa saja yang menjadi penyebab baterai laptop cepat habis atau bocor.
Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis
Berikut adalah beberapa penyebab yang membuat baterai laptop cepat habis, antara lain:

1. Melepas Baterai secara Sembarang

Penyebab baterai laptop cepat habis yang pertama dan paling sering dilakukan adalah sembarangan ketika melepas baterai. Hal tersebut banyak yang menganggap kalau melepas baterai kemudian mencolok laptop langsung ke aliran listrik dapat menjaga baterai tahan lebih lama.

Ternyata tindakan tersebut tidak tepat, sebab aliran listrik yang langsung ke laptop terkadang tidak stabil, bahkan bisa menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba.

Aliran listrik yang tidak stabil secara tidak langsung juga akan mempengaruhi komponen yang ada di dalam laptop. Oleh sebab itu disarankan tetap pasang baterainya daripada langsung mencolokkan laptop ke aliran listrik.

2. Mengisi Daya Sambil Dimainkan

Kebiasaan yang kedua dan juga seringkali dilakukan adalah memakai laptop sambil mengisi daya. Salah sari kebiasaan yang ternyata dapat membuat baterai laptop cepat bocor dan tidak dapat bertahan lama.

Kebiasaan seperti itu menyebabkan baterai tidak stabil, sebab harus bekerja ekstra yakni melepaskan daya sekaligus mengisi daya secara bersamaan. Oleh karena itu, sebaiknya kalau memang tidak terlalu penting untuk membuka laptop, lakukan pengisian daya saat laptop dalam kondisi mati. Apabila sudah terisi penuh, Anda bisa pakai kembali lagi laptop seperti biasa.

3. Pengisian Daya Tetap Diisi Walau Sudah Penuh

Faktor lainnya yang menjadi penyebab kenapa baterai laptop cepat habis atau bocor adalah kebiasaan tidak mencabut charger ketika baterai sudah penuh. Kebiasaan membiarkan arus listrik yang terus mengisi baterai tidak baik dilakukan, karena dapat merusak komponen penting yang ada di dalam baterai.

Baterai yang dipaksa menyimpan daya padahal kapasitasnya sudah full, tidak disarankan sama sekali. Oleh sebab itu, supaya baterai laptop tetap awet, sebaiknya jangan mengisi daya baterai saat menjelang tidur dan ingin bepergian.

4. Hindari Laptop Mati Total

Apakah Anda sering lupa mengisi daya baterai sampai tidak sadar akhirnya laptop mati total karena kehabisan daya? Sebaiknya pada saat laptop sudah memberikan warning baterai hampir habis, segera Anda isi dayanya sampai penuh. Jangan sampai jadi sebuah kebiasaan membiarkan baterai sampai benar-benar habis atau 0 persen karena bisa berdampak buruk.

Kalau kebiasaan diatas tidak diubah, baterai tidak hanya cepat bocor tetapi juga bisa bikin cepat rusak. Bahkan tidak hanya komponen yang ada di dalam baterai saja yang rusak tapi komponen dalam laptop juga akan terkena imbasnya.

Mengatasi Baterai Laptop yang Bocor

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi baterai yang cepat habis atau bocor, antara lain:

– Mengisi daya baterai sampai full baru dipakai

– Jangan melepas baterai dan menghubungkan aliran listrik ke laptop secara langsung

– Memainkan laptop sambil mengisi daya

– Membiarkan baterai dalam keadaan kosong dalam jangka waktu yang lama.

Tapi kalau baterai sudah terlanjur bocor dan tidak dapat dipakai kembali, sebaiknya jangan dipaksa untuk tetap dipakai karena bisa merusak laptop secara permanen.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah beli baterai yang baru hanya di SIPLAah yang menjual barang ori dan berkualitas!.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.