oleh

Perawatan Mobil Sendiri Selama PSBB

PortalMadura.Com – Program pemerintah mengenai PSSB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang dicanangkan oleh pemerintah, membuat mobil Anda akan jarang digunakan. Bukan berarti mobil Anda hanya didiamkan begitu saja di garasi rumah, hingga berdebu dan terlihat tidak terawat.

Selagi Anda di rumah, rawat mobil Anda agar tetap prima dan nyaman saat akan Anda gunakan kembali. Dilansir dari laman Carmudi.co.id, Rabu (27/5/2020) cara merawat mobil sendiri di rumah selama PSBB berlangsung. Hal yang terpenting sering bersihkan eksterior atau cat mobil dari kotoran atau debu yang menempel. Bersihkan dan cuci mobil Anda pastikan tidak melakukan di bawah sinar matahari secara langsung. Saat Anda mencuci mobil gunakan lap microfiber untuk mencegah terjadinya baret halus saat Anda mencuci mobil.

Parkir mobil Anda di tempat yang tidak terkena panas matahari secara langsung. Pastikan untuk memanaskan mesin mobil Anda secara berkala untuk mencegah aki mobil Anda soak atau tekor. Selagi Anda memanasakan mobil, jangan lupa untuk membuka kap mesin untuk mengecek air radiator berada pada level yang semestinya serta cairan lainnya seperti cairan rem dan oli power steering.

Setelah semuanya sudah di cek, lanjutkan dengan memeriksa tekanan ban. Lebih baik Anda memiliki alat pemeriksa tekanan angin ban (tyre pressure gauge) atau pompa angin untuk menambah tekanan udara pada ban Anda selagi mobil tidak digunakan.

Melakukan Sendiri Perawatan Interior Mobil, terutama untuk meminimalisasi kabin tekontaminasi oleh kuman dan virus. Sangat disarankan untuk tidak terallu sering membuka jendela mobil saat tidak dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar debu, virus, bakteri dan partikel kecil lainnya tidak masuk ke dalam interior mobil Anda. Sebaiknya buka sedikit saja kaca mobil Anda agar interiornya tidak jamuran.

Usahakan Anda tidak menyimpan terlalu lama benda-benda yang mudah menjadi sarang virus, bakteri, dan kuman seperti bantal, sampah tisu dan benda lainnya. Keluarkan terlebih dahulu barang-barang yang biasa Anda letakkan di mobil.

Menghindari Bepergian Bersama Teman yang Sakit, untuk mencegah penularan virus dan bakteri. Terutama ketika teman Anda sakit yang berpotensi menular ini akan mengendap di dalam interior mobil Anda dan akan berbahaya bagi keluarga Anda yang menggunakan mobil Anda.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Carmudi.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar