oleh

Perbaikan Tutup Saluran U-Ditch Pakai Dana Pribadi, Dewan Sebut Melanggar Aturan

PortalMadura.Com, Sampang – Perbaikan tutup saluran U-Ditch yang rusak di Perumahan Permata Selong, Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, menggunakan dana pribadi yang bertanggung jawab pada pelaksana kegiatan.

Saluran itu, terpaksa dilakukan pembongkaran total sesuai permintaan warga yang disepakati bersama. Kondisi tutup saluran atau cover U-Ditch retak-retak.

Kegiatan yang bersumber dari Alokasi Dana Kelurahan (ADK) itu, sudah selesai pada 31 Desember 2019. Pada papan kegiatan tertulis sebesar Rp 186.780.000 dengan kontraktor pelaksana CV. Kembar Jaya Perkasa.

“Proyek sudah selesai, anggaran perbaikan menggunakan dana pribadi. Perbaikan dilakukan di luar proyek,” terang Kontraktor pelaksana pembangunan saluran Perumahan Permata Selong, Ismail, Jumat (10/1/2020).

Dana perbaikan kegiatan yang diklaim menyerap kantong pribadi, Ismail tidak menyebutkan berapa nilai rupiah yang digunakan dan enggan menyebutkan volume saluran yang dibongkar.

Cover U-Ditch yang dibongkar sedang dilakukan untuk diganti pelat beton. Dugaan kerusakan lantaran kualitas material sangat diragukan dan tidak mampu menahan beban kendaraan berlalu lintas.

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, Aulia Rahman menegaskan dan menduga, realisasi ADK tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) sejak dimulai kegiatan.

“Jika ada kegiatan fisik dari ADK dibongkar total, maka ada yang salah pada proses pelaksanaan proyek itu,” tandasnya.

Baca Juga : Material Retak, Tutup Saluran U-Ditch di Sampang Dibongkar Total

Menurut Aulia, ada regulasi terhadap kontrak kerja khususnya pembongkaran guna dilakukan perbaikan material yang akan diganti.

“Perbaikan kegiatan yang menggunakan dana pribadi, tentu tidak boleh atau sudah melanggar aturan kontrak kerja kegiatan,” tandasnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.