Perhatikan 3 Hal Ini Agar Kecelakaan Bus Tak Terjadi

Avatar of PortalMadura.com
Perhatikan 3 Hal Ini Agar Kecelakaan Bus Tak Terjadi
Ilustrasi (iNews.id)

PortalMadura.Com – Kecelakaan yang melibatkan bus dengan kendaraan lain sering terjadi. Baru-baru ini bus masuk jurang di Sumedang Jawa Barat yang menewaskan puluhan orang membuat banyak orang takut untuk menggunakan alat transportasi umum ini.

Padahal, bus merupakan salah satu yang banyak peminatnya. Menurut praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), kebanyakan disebabkan rem blong.

Agar kecelakaan serupa tidak terjadi lagi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com. berikut penjelasannya:

Perawatan Bus

Untuk mencegah kecelakaan maut, perawatan bus harus diperhatikan. Banyak kecelakaan maut yang terjadi karena bus kurang terawat seperti rem blong dan sebagainya.

Rute Perjalanan

Pengemudi juga harus memahami medan yang ditempuhnya. Ketika melalui jalan yang bergelombang atau naik-turun di pegunungan, bikin strategi mengemudi yang optimal.

Pentingnya Peran Pengemudi

Tidak semua bus operasional dan kelengkapannya sama. Peran pengemudi seperti jam terbang, skill, dan mindset keamanan dalam menggabungkan dirinya dengan kondisi bus sangat penting untuk mencegah kecelakaan maut.

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.