oleh

Perhatikan 3 Hal Ini Agar Kecelakaan Bus Tak Terjadi

PortalMadura.Com – Kecelakaan yang melibatkan bus dengan kendaraan lain sering terjadi. Baru-baru ini bus masuk jurang di Sumedang Jawa Barat yang menewaskan puluhan orang membuat banyak orang takut untuk menggunakan alat transportasi umum ini.

Padahal, bus merupakan salah satu kendaraan umum yang banyak peminatnya. Menurut praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), kebanyakan kecelakaan bus disebabkan rem blong.

Agar kecelakaan serupa tidak terjadi lagi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com. berikut penjelasannya:

Perawatan Bus

Untuk mencegah kecelakaan maut, perawatan bus harus diperhatikan. Banyak kecelakaan maut yang terjadi karena bus kurang terawat seperti rem blong dan sebagainya.

Rute Perjalanan

Pengemudi juga harus memahami medan yang ditempuhnya. Ketika melalui jalan yang bergelombang atau naik-turun di pegunungan, bikin strategi mengemudi yang optimal.

Pentingnya Peran Pengemudi

Tidak semua bus operasional dan kelengkapannya sama. Peran pengemudi seperti jam terbang, skill, dan mindset keamanan dalam menggabungkan dirinya dengan kondisi bus sangat penting untuk mencegah kecelakaan maut.

 

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Detik.com

Komentar