oleh

Perhatikan 4 Bagian Ini Ketika Perawatan Mesin Mobil Injeksi

PortalMadura.Com – Saat ini mobil dengan mesin injeksi sudah banyak beredar dipasaran. Hanya saja, terkadang konsumen enggan membeli karena dianggap sulit dirawat.

Padahal sebenarnya, Anda hanya perlu memahami pengetahuan soal mesin injeksi. Sehingga mobil dengan mesin injeksi Anda lebih awet. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip Garda Oto, berikut beberapa bagian utama perawatan mesin mobil injeksi.

Throttle Body

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam perawatan mesin injeksi yaitu membersihkan bagian throttle body. Komponen ini berfungsi sebagai pengatur udara masuk dan keluar mesin. Bagian ini harus rutin dibersihkan agar performa mesin tidak terganggu.

Sensor

Bagian lain dari mesin injeksi yang harus diperhatikan kebersihannya yaitu sensor. Bagi yang belum tahu, pada sistem bahan bakar injeksi maka terdapat kurang lebih 10 sensor.

Ada beberapa yang membutuhkan perawatan ekstra. Sebut saja seperti Nosel Injektor yang berguna sebagai penyuplai bahan bakar, memiliki lubang-lubang yang berukuran kecil dan rawan tersumbat. Saat nosel mulai tersumbat, semprotan bahan bakar ke dalam mesin menjadi berkurang dan tidak teratur. Efeknya mesin pun menjadi tidak stabil.

Filter Bensin dan Udara

Selanjutnya bagian filter bensin dan udara wajib pula dibersihkan secara rutin. Apabila filter bensin dan udara jarang dibersihkan maka bisa mengakibatkan suplai pada bensin menjadi terhambat ataupun tersumbat oleh kotoran.

Aki

Terakhir yang tidak kalah penting yaitu aki seperti mobil karburator. Aki yang bertugas sebagai penyuplai listrik harus dijaga apalagi untuk mobil dengan sistem bahan bakar injeksi.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Detik.Com

Komentar