Perhatikan 4 Hal Ini Saat Pasang Sendiri Alarm Mobil

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
Perhatikan 4 Hal Ini Saat Pasang Sendiri Alarm Mobil
Ilustrasi (Lifepal)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Alarm merupakan salah satu fitur pelengkap mobil dan berfungsi sebagai sistem keamanan. Biasanya pemasangan komponen ini diserahkan ke bengkel. Namun, jika ingin memasangnya sendiri, Anda bisa melakukannya di rumah.

Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti jika ingin memasang alarm mobil sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini beberapa cara yang harus diperhatikan saat pasang alarm mobil sendiri di rumah:

Mencocokkan Alarm Mobil

Ketika Anda membeli alarm di toko yang menjual alat otomotif, sebaiknya berkonsultasi dahulu agar tidak salah membeli alarm. Usahakan mencari alarm yang cocok dan Anda paham betul mengenai kondisi kelistrikan mobil.

Memilih Alarm Sesuai Kebutuhan dan Budget

Cara selanjutnya yaitu Anda memilih tipe alarm yang pas dengan jenis mobil, selain itu pastikan pilih alarm yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Biasanya, saat Anda membeli satu paket central lock dan alarm, di dalamnya terdapat berbagai macam komponen.

Komponen tersebut meliputi empat batang penarik dan pendorong, empat buah pistol penggerak atau lock actuator, satu set kabel untuk empat pintu, serta satu central lock module dengan delapan poin konektor. Pastikan ulang jika komponen yang tersedia sudah lengkap.

Memasang Actuator dan Modul

Pertama, lakukan pengeboran di bagian dalam pintu sebagai tempat dudukan actuator. Perhatikan jika pada komponen lock actuator yang memiliki 5 buah kabel berwarna hitam, putih, coklat, hijau, dan biru harus berada pada bagian pintu utama atau pintu pada sisi setir.

Sedangkan untuk lock actuator yang lainnya hanya berkabel dua warna yaitu hijau dan biru. Penempatannya berada di bagian pintu lainnya.

Langkah kedua dengan memasang kabel bawaan central lock sesuai bagiannya pada modul lock actuator. Supaya posisinya tetap terlindungi dengan aman, penempatan modul central lock harus berada di bawah dashboard.

Kemudian lanjutkan dengan memasang kabel power pada modul central lock pada bagian aki mobil. Di tahap ini, kabel merah menjadi kabel kutub positif (+) dan hitam adalah kabel untuk kutub negatif (-).

Apabila telah terpasang semuanya sebaiknya cek terlebih dahulu dengan mengunci dan membuka tuas kunci pintu. Jika pemasangannya sudah benar maka pintu yang lain juga akan mengikutinya.

Menyambungkan Central Lock Alarm dengan Remote Alarm

Setelah Anda berhasil menyelesaikan pemasangan actuator dan modul alarm di mobil, selanjutnya dalam cara pasang alarm mobil universal ini kalian dapat menyambungkan remote alarm dengan central lock.

Proses penyambungan ini diawali dengan menghubungkan kabel merah pada aki mobil kutub positif (+), sebaliknya kabel hitam ke kutub negatif (-). Kemudian disusul dengan kabel warna coklat yang disambungkan pada bagian lampu sein kanan dan kiri. Untuk kabel warna pink dihubungkan ke speaker atau sirine bawaan.

Jika semua kabel telah terpasang dengan sempurna, hal selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menyambungkan kabel lain yang harus dipasang ke arah central lock. Sejatinya, di bagian ini terdapat setidaknya 6 buah warna kabel yang masing-masing kabel tersebut yaitu:

Kabel Oranye serta Oranye Hitam ini diparalel untuk disambungkan pada bodi mobil sebagai kutub negatif (-). Sedangkan kabel Kuning dan Kuning Hitam diparalel agar dapat disambungkan menuju kabel merah sebagai kutub (+) pada aki mobil.

Yang terakhir adalah untuk kabel Putih serta Putih Hitam disambungkan ke kabel berwarna Putih dan Coklat pada central lock diatas. Jika Anda telah berhasil melewati semua tahapan di atas, itu menandakan bahwa pemasangan alarm mobil berhasil. Untuk memastikan kembali silahkan kalian menekan tombol buka kunci dan tutup kunci serta sirine.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.