Perhatikan 4 Trik Ini Untuk Cegah Penipuan SMS Berkedok Operator Seluler

Avatar of PortalMadura.Com
Perhatikan 4 Trik Ini Untuk Cegah Penipuan SMS Berkedok Operator Seluler
ilustrasi

PortalMadura.Com – yang berisi berkedok hadiah atau permintaan sejumlah uang ke rekening tertentu masih menjadi modus yang banyak digunakan oleh penipu saat ini. Penipuan semacam ini biasanya mengatasnamakan yang Anda gunakan.

Namun meskipun hal ini sudah banyak diketahui, ternyata masih banyak masyarakat yang jadi korban penipuan ini. Nah, agar tidak menjadi korban penipuan ini selanjutnya sebaiknya Anda memperhatikan empat tips berikut ini:

Mengecek Nomor yang Digunakan
Biasanya meski mencatut nama operator, para pelaku sebenarnya menggunakan nomor umum yang banyak dipakai konsumen. Padahal, untuk informasi semacam ini operator kerap menggunakan nomor khusus.

Tata Bahasa yang Digunakan
Selain itu, perhatikan pula tata bahasa yang digunakan. Tidak sedikit, pesan singkat berisi penipuan menggunakan tata bahasa yang berantakan.

Memanfaatkan Situs Blog Gratis
Untuk memperkuat modusnya, para pelaku kerap memanfaatkan situs blog gratis. Oleh karena itu, jika mengetahui bahwa situs itu gratis dan terlihat tidak meyakinkan, dapat dipastikan situs itu palsu.

Meminta Sejumlah Uang
Modus lain yang juga menjadi andalan adalah Anda diminta untuk mengirimkan sejumlah uang lebih dulu sebelum mengklaim hadiah. Saat berada dalam tahap ini, Anda sebaiknya tidak menggubris permintaan tersebut.

Selain mencegah menjadi korban penipuan semacam ini, Anda sebenarnya dapat melaporkannya ke tiap-tiap operator terkait. Kini operator telekomunikasi sudah membuka kanal pelaporan untuk modus penipuan via SMS.

Sementara untuk penipuan melalui SMS yang tiba-tiba meminta mengirimkan sejumlah uang, kamu dapat melaporkannya ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Masyarakat dapat menggunakan beberapa cara untuk melakuan pelaporan. Selain menghubungi kontak OJK di nomor 1-500-655, pelaporan dapat dilakukan melalui email [email protected] dengan menyertakan hasil tangkapan layar SMS tersebut. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.