Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Anda Buang Produk Skin Care

Avatar of PortalMadura.com
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Anda Buang Produk Skin Care
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap bulan atau bahkan bisa kurang dari itu biasanya sebagian wanita rutin membeli produk perawatan, entah itu kosmetik atau pun .

Perlu Anda ketahui, produk skin care sama halnya dengan kosmetik. Ada batas pemakaiannya juga. Jadi selain Anda rajin membeli, Anda juga perlu memerhatikan batas pakai dari produk itu. Karena, saat produk perawatan melewati masa pakainya dan masih saja digunakan biasanya akan menyebabkan beberapa masalah kulit.

Anda tentu tidak mau kan jika terkena dampak akibat kelalaian Anda sendiri dalam mengecek produk itu. Nah sebelum membuang produk perawatan kulit Anda, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

Lihat Keterangan Batas Pemakaian Produk
Produk skin care seperti krim jerawat dan sunscreen biasanya memiliki batas pakai berupa keterangan expired date, hal ini menjadi satu-satunya acuan Anda untuk mengetahui batas penggunaan produk.

Jika memaksakan memakai produk yang sudah kedaluwarsa tentu saja tidak hanya rentan mengalami masalah kulit, manfaat dari produk juga sudah tidak bisa Anda dapatkan lagi. Mengingat sunscreen memiliki manfaat besar dalam melindungi kulit, sebaiknya Anda tidak perlu ragu untuk membuang produk ini jika batas pakainya sudah kedaluwarsa.

Berbeda dengan sunscreen, ada beberapa produk skin care yang juga memiliki keterangan PAO (Period After Opening) selain expired date. Memiliki tampilan angka yang diikuti bulan dalam simbol jar terbuka, produk yang memiliki keterangan ini biasanya hanya efektif digunakan sesuai dengan keterangan PAO.

Jadi meskipun date expired masih lama, tapi bila produk sudah dibuka dan pakai sesuai batas PAO, sebaiknya produk ini segera dibuang, ya.

Perhatikan Kandungan Produk
Selain memerhatikan keterangan tanggal di kemasan, Anda juga bisa mengandalkan indera penciuman dan penglihatan dengan melihat perubahan pada produk skin care.

Jika tampilan warna berubah, tekstur berbeda serta menimbulkan bau yang aneh, rasanya Anda tidak perlu merasa ragu untuk membuang produk skin care tersebut. Perlu diingat juga, produk skin care berbahan alami umumnya hanya berusia 4-6 bulan saja. Coba simak berbagai kandungan dalam produk kecantikan dan masa pakai idealnya di bawah ini, ya.

Produk Berbahan Dasar Air
Bakteri memang lebih menyukai untuk tinggal di area lembap dan air, maka untuk tiap produk skin care berbahan dasar air sebaiknya sudah dihabiskan dalam jangka waktu 6 – 8 bulan saja. Namun untuk produk berbahan dasar air dengan kandungan glycolic atau salicylic acid biasanya memiliki usia yang lebih panjang mengingat dua kandungan ini tidak disukai oleh bakteri.

Vitamin C
Produk dengan kandungan vitamin C memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi. Produk ini harus ditempatkan dalam kemasan botol gelap dan sebaiknya tidak terlalu lama bersinggungan dengan udara. Skin care vitamin C berupa serum biasanya memiliki tekstur yang bening, jika Anda menyadari adanya perubahan warna menjadi kecokelatan itu artinya produk ini harus segera dibuang.

Pelembap
Umumnya produk pelembap dan eye cream memiliki batas pakai satu tahun setelah dibuka, terlebih untuk produk dengan bentuk jar, rentannya kontaminasi dengan udara, bisa membuat bakteri muncul, membuat produk ini idealnya digunakan dalam jangka waktu 6-12 bulan saja.
(vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.