oleh

Perhatikan 6 Cara Ini Agar Aki Lebih Awet Digunakan

PortalMadura.Com – Aki merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan. Karena aki ini menjadi sumber utama untuk menghidupkan seluruh sistem pada kendaraan.

Sehingga menjaga kualitas aki sangat penting untuk tetap menjaga performa kendaraan Anda, agar tidak terjadi masalah. Biasanya aki mampu bertahan hingga usia pakai 24 bulan, namun banyak yang mengalami penurunan kualitas aki.

iklan pilbup

Ada enam cara agar aki Anda bisa lebih tahan lama digunakan, dilansir dari laman Liputan6.Com, Selasa (7/7/2020), ikuti enam cara berikut:

Penggunaan Aksesoris

Anda menyukai menggunakan aksesoris tambahan pada kendaraan Anda. Namun harus Anda ketahui, penggunaan aksesoris yang berlebihan akan membuat kualitas aki menurun.

Disarankan untuk tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan untuk menjaga kualitas aki kendaraan Anda.

Jangan Memaksa Starter Elektrik

Saat Anda melakukan starter namun fitur ini tidak bisa digunakan, sebaiknya Anda gunakan secara manual. Jika Anda memaksakan menggunakan starter maka akan membuat daya aki menurun.

Panaskan Mesin Sebelum Menggunakan kendaraan

Sebaiknya sebelum Anda menggunakan kendaraan Anda, maka panaskan kendaraan Anda setidaknya 8-10 menit. Jangan memaksakan menggunakan starter elektrik jika motor Anda susah dinyalakan, sebaiknya hidupkan secara manual.

Pastikan Seluruh Lampu Mati

Pastikan Anda mematikan seluruh lampu motor Anda, seperti head lamp dan lampu sign hal ini bertujuan agar tidak menjadi beban bagi aki saat mesin dinyalakan.

Periksa Kondisi Kiprok

Kiprok ini merupakan regulator untuk menyuplai listrik ke dalam aki terutama saat pengisian. Jika Anda menemukan lampu motor yang redup dan tidak menyala dengan stabil maka Anda harus segera menggantinya.

Tak ada Kebocoran Pada Aki

Ada harus selalu mengecek aki motor Anda, jika terjadi kebocoran bisa memicu ledakan yang berakhir pda kebakaran kendaraan Anda.

Sebaiknya Anda amelakukan pemeriksaan rutin pada kendaraan, guna menjaga performa motor Anda tetap maksimal.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Liputan6.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar