Perhatikan! Bagian Mobil Ini Jangan Sampai Kena Air Saat Dicuci

Avatar of PortalMadura.com
Perhatikan!-Bagian-Mobil-Ini-Jangan-Sampai-Kena-Air-Saat-Dicuci
Ilustrasi (Teagos.com)

PortalMadura.Com – Aktivitas yang kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan agar tetap tampil mengkilap dan bersih tidak lain adalah mencucinya. Selain menggunakan jasa cuci mobil, pengguna juga bisa melakukannya sendiri di rumah
sambil mengisi waktu.

Biasanya, fokus utama saat melakukan pencucian mobil yaitu area eksterior meliputi bodi, kaca, dan kaki-kaki. Sedangkan pada bagian interior seperti karpet, bisa dicuci dengan air sabun lalu dikeringkan, dan kompartemen lain hanya dilap saja.

Lalu, bagaimana cara membersihkan ruang mesin mobil?. Apakah juga sama dengan mencuci bagian yang lain?. Simak penjelasannya berikut ini.

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, tips otomotif untuk membersihkan area tersebut adalah dengan cara tidak menyemprotkan air bertekanan tinggi. Sebab, cara itu berpotensi merusak sejumlah komponen termasuk sistem kelistrikan.

“Sebaiknya (dibersihkannya) pakai lap dan sekadar dibasuh. Karena, mobil zaman sekarang memiliki banyak sensor, maka tidak disarankan terkena air untuk mengindari malfungsi,” ujarnya seperti dilansir Viva.co.id, yang dikutip dari 100KPJ.

Sementara itu, CEO and Founder XTO Indonesia sebagai pakar detailing, Christopher Sebastian mengatakan, untuk membersihkan kompartemen mesin memang diperlukan cara yang sedikit berbeda, lantaran di ruang tersebut ada berbagai macam komponen yang rentan terhadap air.

“Mesin itu tidak boleh disemprot atau disiram dengan air, apalagi dengan tekanan tinggi. Jadi cukup disikat, atau dilap pakai mirco fiber. Boleh basuh air tapi tipis-tipis dengan kuas, atau dilap micro fiber,” paparnya.

Agar ruang mesin dan komponen di dalamnya terlihat bersih meskipun tidak disiram air, kata dia, bisa dilap memakai obat khusus untuk penghilang noda oli, grase, dan debu. Cara ini cukup ampuh ketika membersihkan kotoran yang sudah berkerak.

“Karena pengosokannya tipis-tipis maka dicampur cairan khusus. Jadi tanpa gosokan tekanan tinggi, kotoran sudah hilang,” ujarnya.

Intinya, tetap hati-hati dalam membersihkan area mesin. Cukup dilap tipis-tipis dan jangan langsung disemprotkan menggunakan selang air. Karena bisa menimbulkan bahaya pada komponen mesinnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.