Tujuan Kalteng, Kapal Bermuatan Sembako Kandas di Pulau Manok Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Tujuan Kalteng, Kapal Bermuatan Sembako Kandas di Pulau Manok Sumenep
Peta lokasi keberadaan KLM Sumber Baru (Istimewa)

PortalMadura.Com, Sumenep – Kapal Layar Motor (KLM) Sumber Baru tujuan Kalimantan Tengah (Kalteng) ditemukan kandas, Sabtu (30/1/2021) di perairan Pulau Manok (Bulumanok), Desa Sonok, Kecamatan Nonggunong, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

KLM Sumber Baru yang dinahkodai Adi, bersama 4 Anak Buah Kapal (ABK), berangkat dari Pelabuhan Sedayulawas, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan sejak Selasa (27/1/2021) sekitar pukul 17.00 WIB. Dan dikabarkan hilang sejak Jumat (29/1/2021) pada pukul 19.00 WIB.

“Informasi terakhir hari ini, pada pukul 16.00 WIB, kapal itu ada di sebelah utara Pulau Manok arah Kecamatan Raas,” terang Kasat Polair Polres Sumenep, Iptu Agung Widodo, Sabtu (30/1/2021).

Lokasi kapal, kata dia, sekitar 4 mil dari Pulau Manok. Jika ditempuh dari Pelabuhan Kalianget menuju lokasi diperkirakan membutuhkan waktu 3 jam perjalanan laut. “Itupun kalau cuaca normal. Saat ini tidak memungkinkan karena kendala cuaca,” katanya.

Baca Juga:  Warga Manding Daya Tumpengan di Malam 17 Agustus 2022

Untuk melakukan evakuasi KLM Sumber Baru yang berukuran 57 gross tonnage (GT) membutuhkan kapal besar. “Kapal itu bermuatan sembako,” terangnya tanpa menyebutkan berat dan jenis barang bawaan lainnya.

Sementara, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kalianget, Supriyanto, memprediksi kapal tersebut mengalami kerusakan mesin.

“Nahkoda dan ABK selamat. Hanya saja kapalnya tidak bisa bergerak,” terangnya.

KLM Sumber Baru tersebut berwarna putih kombinasi hijau dan kuning.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.