Perhatikan, Ini 4 Kesalahan Fatal yang Masih Diabaikan Saat Bikin CV Lamaran Kerja

  • Bagikan
Perhatikan, Ini 4 Kesalahan Fatal yang Masih Diabaikan Saat Bikin CV Lamaran Kerja
Perhatikan, Ini 4 Kesalahan Fatal yang Masih Diabaikan Saat Bikin CV Lamaran Kerja

PortalMadura.Com – Pada umumnya, Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup selalu ada di saat membuat surat lamaran pekerjaan.

Dokumen yang memberikan gambaran tentang pengalaman seseorang dan juga kualifikasinya itu sampai sekarang masih banyak yang melakukan kesalahan.

Dengan kata lain, banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara membuat CV atau lamaran kerja yang baik dan benar. Padahal CV sangat penting karena membuat resume kualitas diri anda di depan calon pemberi kerja.

Akibatnya, kesalahan-kesalahan kecil yang tertulis di CV membuat seseorang tidak diterima menjadi kandidat untuk direkrut.

Tapi apa saja sebenarnya kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat membuat CV?. Simak uraian di bawah ini:

1. Melakukan Typo

Ini adalah kesalahan umum yang sering dibuat banyak orang. Anda bisa dinilai kurang teliti, ceroboh dan sembarangan karena mengirimkan CV dengan typo, kesalahan ejaan, kurang tanda petik dan lain sebagainya.

Anda bisa dianggap tidak kompeten menjalankan tugas yang diberikan atasan.

2. Terlalu Umum


Terkadang orang asal saja meng-copy paste CV dan mencetak banyak untuk memasukkan lamaran ke berbagai instansi. Seringkali CV standar seperti ini tidak memberi kesan karena terlalu umum sehingga diabaikan.

Buat CV Anda menarik dengan mengenali perusahaan dan membuat prediksi kemajuan apa jika mereka merekrut dirimu.

3. Menyesuaikan Posisi yang Anda Lamar

Pihak perusahaan akan lebih terkesan ketika Anda secara spesifik menentukan posisi yang ingin Anda lamar dan mengenali setiap perusahaan. Sesuaikan job description dengan latar belakang perusahaan.

Bahkan, jika Anda melamar posisi marketing, Anda harus menjelaskan apa yang bisa Anda lakukan dan menyebutkan nama perusahaannya.

4. Menyebut Semua Pekerjaan yang Pernah Anda Lakukan


Tidak perlu menyebutkan semua pekerjaan tersebut hanya karena Anda ingin CV Anda terlihat panjang dan tebal sehingga berkesan.

Karena biasanya yang dipertimbangkan perusahaan adalah beberapa pekerjaan terakhir yang Anda jalani. Apalagi menjelaskan panjang lebar apa saja yang telah Anda lakukan.

Itulah kesalahan fatal yang seringkali diabaikan atau tidak diketahui banyak orang saat membuat CV.

Akan lebih baik jika Anda memperbaiki CV dari sekarang dan lebih teliti karena dari CV lah pihak perusahaan mengenal Anda dan mempertimbangkan Anda untuk direkrut. Tetap semangat dan semoga berhasil.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.