oleh

Peringati Sumpah Pemuda, AKSES Jalan Mundur

SAMPANG (PortalMadura) – Puluhan pemuda dari Aliansi Komunitas Independen Sampang (AKSES), Madura, Jawa Timur, melakukan aksi jalan mundur 28 kali dan teatrikal sebagai bentuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2013).

“Kader muda saat ini, seharusnya mengingat semua kewajiban yang diamanatkan oleh sejarah. Dengan jalan mundur berarti harus mengingat perjuangan para pemuda tempo dulu serta diaktualisasikan kembali pada saat ini,” ujar koorlap aksi, Zainuddin dalam orasinya.

iklan pilbup

Dalam aksinya, mereka juga mengkritisi pemerintah dengan cara menampilkan beberapa aksi teatrikal kekuasaan dan loyalitas pemerintah terhadap para investor yang memberi iming-iming besar.

“Dihari sumpah pemuda ini, seharusnya pemerintah Kabupaten Sampang mulai memberikan keleluasaan aspirasi bagi pemuda. Sebab, sejauh ini, pemerintah tidak pernah memberikan akses bagi para pemuda untuk menyalurkan aspirasinya,” katanya.

Menurut dia, sudah waktunya pemerintah daerah memberikan semangat dan kontrol terhadap para pemuda bangsa, supaya bisa memajukan negeri ini. “Ketika pemuda membuat kelompok Geng Motor, tidak pernah ada kontrol dari pemerintah,” ujarnya.

Untuk itu, pemuda harus merubah pola fikir hedonisme menjadi mindset yang kritis, serta mendongkrak keberanian pemuda Sampang untuk tetap teguh dalam komitmen keberanian. Aksi AKSES tersebut, dimulai dari depan Pasar Srimangunan dan berorasi di depan Kantor DPRD Sampang dan berakhir dengan teatrikal di depan Kantor Pemerintah Daerah setempat.(lora/htn).


Tirto.ID
Loading...

Komentar