oleh

Perintah Rasululllah Mematikan Lampu di Malam Hari Terbukti Secara Ilmiah

PortalMadura.Com – Tidur dengan lampu menyala ternyata membuat tidur menjadi kurang efektif. Menurut National Sleep Foundation, lingkungan tidur yang optimal sangat penting untuk istirahat malam yang baik, seperti mematikan lampu saat tidur.

Rasulullah pun memerintahkan umatnya untuk mematikan lampu-lampu pada malam hari tiba ketika hendak tidur. Kini, perintah tersebut dianggap sebagai bentuk mukjizat ilmiah Nabawiyah karena dari penelitian modern membuktikan bahwa efek cahaya berlebihan pada malam hari ternyata berdampak buruk terhadap manusia dan lingkungannya.

Ternyata, perintah Rasulullah untuk mematikan lampu ketika kita tidur  memang sangat berguna bagi kesehatan.

Perintah dari Rasulullah untuk memadamkan lampu ketika hendak tidur di malam hari diriwayatkan dalam berbagai hadis-hadis:

1. Dari Jabir Bin Abdullah Radhiyallahu ‘anhuma dia berkata; Rasulullah SAW bersabda: “Tutuplah tempat air kalian, pintu rumah kalian, dan matikanlah lampu-lampu kalian, karena bisa jadi tikus akan menarik sumbu lampu sehingga mengakibatkan kebakaran yang menimpa para penghuni rumah” (HR. al-Bukhari)

Loading...

2. Dari Abu Musa Radhiyallahu ‘anhu,  diaberkata: “Pada suatu malam terjadi kebakaran di salah satu rumah penduduk di Madinah (ketika penghuninya tertidur). Lalu hal itu diceritakan kepada Rasulullah SAW.” Beliau bersabda: “Sesungguhnya api ini adalah musuh kalian, karena itu apabila kalian hendak tidur, maka padamkanlah ia lebih dahulu.” (HR. al-Bukhari)

3. Rasulullah SAW bersada: “Apabila malam telah datang (setelah matahari tenggelam), tahanlah anak-anak kalian (dari keluar rumah), karena setan bertebaran ketika itu. Apabila telah berlalu sesaat dari waktu ‘Isya biarkanlah mereka, tutuplah pintumu, dan matikanlah lampu serta sebutlah nama Allah”. (HR. Al-Bukhari)

Tiga penjelasan hadis di atas sejalan dengan hasil riset ilmiah terbaru yang menegaskan bahwa tetap menyalanya lampu pada saat tidur akan mempengaruhi proses biologis yang ada di dalam otak manusia, dan hal tersebut akan menyebabkan gangguan-gangguan yang mengakibatkan kegemukan.

Peneliti juga menemukan fakta bahwa ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekpresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Bahkan pesan oleh para ilmuwan pada abad 21, telah disampaikan sebelumnya oleh Rasulullah SAW sejak 14 abad yang lalu. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis sahih: “Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur di malam hari, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman.” (HR. al-Bukhari/Salimah)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar