oleh

Perizinan Kapal Nelayan di Atas 5 GT Dilimpahkan ke Provinsi

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan melimpahkan proses perizinan kapal nelayan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) bagi kapal yang berada di atas 5 Gross Tonnage (GT).

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Pamekasan, Nurul Widiastuti mengatakan, sebelumnya kapal nelayan antara 5 sampai 10 GT proses perizinannya masih menjadi tanggung jawab kabupaten. Namun, muncul undang-undang nomer 23 tahun 2014 yang menyataan bahwa kabupaten hanya memiliki kewenangan bagi kapal nelayan di bawah 5 GT.

“Kalau kurang dari 5 GT maka tidak perlu izin, hanya didaftar dan itu tidak perlu membayar retribusi. Sehingga, kita hanya mengeluarkan surat tanda daftar nelayan,” kata Nurul, Rabu (26/8/2015).

Ia mengaku sudah mengajukan tenaga pengawas nelayan kepada Kementerian Kelautan untuk dilatih. Sehingga, proses izin dan yang berkaitan dengan kelautan berjalan sebagaimana mestinya. (Marzukiy/har)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE