oleh

Perjalanan Jauh di Malam Hari? Lakukan Cara Berikut Agar Aman Saat Berkendara

PortalMadura.Com – Melakukan perjalanan pada malam sebenarnya tidak disarankan. Karena malam hari merupakan waktu untuk istirahat. Namun banyak sekali orang yang memilih berkendara di malam hari dengan alasan jalanan yang jauh lebih sepi.

Adapula yang beralasan karena di siang hari masih ada yang dikerjakan. Memilih perjalanan jauh pada malam hari sangat berisiko karena Anda melawan siklus tubuh manusia. Anda akan mengalami rasa ngantuk selama perjalanan bahkan hal terburuknya adalah mengalami kecelakaan.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih melakukan perjalanan jarak jauh dilansir dari laman Kompas.Com, Selasa (29/12/2020)

Isirahat secara Bekala

Selama diperjalanan usahakan untuk istirahat berkala. Paling lama perjalanan maksimal hanya 2 jam setelah itu beristirahat. Jika Anda mengabaikan hal ini akan menyebabkan Anda ngantuk bahkan lebih parah Anda mengemudi di bawah alam sadar.

Jaga Kecepatan Kendaraan

Sebaiknya saat berkendara jaga kecepatan. Jalanan memang cenderung sepi sehingga Anda memilih untuk mengebut namun diperjalanan tengah malam banyak sekali rintangan yang membahayakan nyawa Anda. Mengemudi sebaiknya tetap menjaga kecepatan kendaraannya.

Tetap Fokus

Saat mengemudi dimalam hari Anda harus tetap menjaga fokus Anda selama di perjalanan. Jika Anda lengah maka akan membuat Anda kehilangan konsentasi maka jangan lakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu konsentrasi Anda. Aktivitas yang bisa mengganggu konsentrasi Anda adalah bermain ponsel.

Tidak Mudah Terpancing

Sudah menjadi hal yang biasa para pengemudi di jalan raya muda terpancing emosi. Apalagi jika Anda dihadapkan dengan pengemudi lainnya yang ugal ugalan dan membahayakan. Untuk itu pastikan emosi Anda terkontrol dan tidak terpancing dengan hal lain.

Kecilkan AC

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan yaitu temperatur AC karena cuaca siang hari dan malam hari berbeda. Jika Anda menggunakan temperatur yang sangat dingin ini akan membuat Anda mengantuk.

Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar aman selama berkendara di malam hari.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : kompas.com

Komentar