oleh

Perkenalkan Jati Diri Bangsa Pada Anak Usia Dini

PortalMadura.Com, Sumenep – Ratusan anak PAUD hingga Taman Kanak-kanak (TK) dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengikuti pawai budaya untuk menyambut peringatan kemerdekaan RI ke 69. Mereka mengikuti pawai budaya, diarak menggunakan odong-odong dan mengenakan pakaian adat berbagai suku yang ada di Indonesia.

Pawai tersebut diberangkatkan dari depan rumah Dinas Bupati, dan berakhir dilapangan gelanggang olahraga (GOR) A Yani Sumenep.

Sementara wali dari ratusan siswa yang ikut pawai, juga berkeliling kota mengiringi rute pawai anak mereka dan ada disamping para siswa. Sehingga rute yang dilalaui peserta pawai menjadi ramai.

“Kami bangga dengan acara seperti ini, disamping acaranya sesuai dengan peringatan hari kemerdekaan, kami juga bisa mengenalkan baju adat pada siswa kami,” kata Kazminatuz Zuhra, panitia pelaksana pawai peringatan hari kemerdekaan, Rabu (13/8/2014).

iklan hari santri

Menurutnya, pawai menyambut hari kemerdekaan yang diikuti ratusan siswa dari berbagai sekolah, merupakan bentuk apresiasi pemerintah untuk mengenalkan arti penting dari sebuah kemerdekaan.

Selama ini, anak-anak menafsiri peringatan hari kemerdekaan dengan acara yang penuh hura-hura, karena dalam peringatan tersebut banyak kegiatan yang sifatnya hiburan.

Pawai yang melibatkan ratusan siswa tersebut dapat mengenalkan jati diri bangsa Indonesia sejak usia dini. Sehingga anak-anak tahu, bahwa di Indonesia memiliki banyak suku, namun mereka tetap bersatu padu dalam mempertahankan NKRI.

“Saya kira saat-saat seperti ini kita dapat mengenalkan jati diri bangsa pada anak usia dini, agar dari kecil anak-anak sudah tahu betul tentang jati diri bangsa,” pungkasnya.(dien/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.