Pertama di Madura, Bangselok Punya Puluhan Produk Olahan Hidroponik

Penulis: Nor FitriyahEditor: Hartono
Pertama di Madura, Bangselok Punya Puluhan Produk Olahan Hidroponik
Kiri, Lurah Bangselok Moh. Fajar Hidayat dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi pada momentum peluncuran "Centra Elok Mandiri" (Nor Fitriyah @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Bangselok Kabupaten Sumenep merupakan satu-satunya kelurahan di Madura yang memiliki puluhan produk olahan hidroponik.

Bahkan, di wilayah Jawa Timur, hanya ada dua sentra produk olahan hidroponik setelah Kabupaten Gresik.

“Cuma ada dua, di Gresik dan Bangselok untuk sentra pengolahan makanan dari hidroponik,” terang Lurah Bangselok, Sumenep Moh. Fajar Hidayat, Senin (22/8/2022).

Pihaknya memberi nama Sentra Elok Mandiri yang merupakan tempat produk olahan hidroponik. Produk yang dihasilkan di antaranya, kripik bayam merah, bolu bayam merah dan martabak sayur bayam merah.

Selain itu, stik keju bayam merah, stik bayam merah, nuget bayam merah, nastar bayam merah, tepung bayam merah dan produk makanan lainnya berbahan bayam merah.

Ia menjelaskan, hidroponik atau metode budidaya menanam tanpa lahan dilakukan sudah sejak tahun 2019. Namun, untuk menciptakan centra produk olahan butuh 5 kelompok aktif yang lengkap dengan izinnnya.

“Alhamdulillah, semua itu terpenuhi berkat kerjasama dengan pihak ketiga,” katanya.

Semua kelompok yang menghasilkan produk makanan olahan dari hidroponik tersebut dalam binaan OPD terkait, seperti Koperasi dan Dinas Perdagangan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.