Pertamina Amankan Pasokan BBM pada Malam Pergantian Tahun

Avatar of PortalMadura.com
Pertamina amankan pasokan BBM pada malam pergantian tahun
Ilustrasi. (Foto AA)

PortalMadura.Com, – BUMN PT memastikan bahwa pasokan bahan bakar minyak untuk kebutuhan menjelang tersedia dengan aman, khususnya di jalur tol dan wisata.

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III yang mencakup wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten menyampaikan pernyataan tersebut pada Senin di Jakarta.

Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati mengatakan beberapa wilayah memperkirakan peningkatan konsumsi jenis Pertamax Series serta Pertalite sekitar 15-20 persen seperti di Bogor dan Bandung.

Kenaikan tersebut menurut dia, disebabkan banyaknya wisatawan lokal karena liburan sekolah sekaligus perayaan Tahun Baru.

“Sebagian warga Jabotabek berlibur ke Bandung sehingga diperkirakan ada kenaikan konsumsi,” jelas Dian. dilaporkan Anadolu Agency, Senin (31/12/2018).

Wisatawan lokal lanjut Dian, juga menghindari area pantai sehingga alternatif liburan adalah dataran tinggi seperti Puncak dan Bogor.

Kemudian untuk titik malam pergantian Tahun Baru di wilayah MOR III jelas Dian, diperkirakan meliputi Puncak, Ciater, Kuningan, Lembang, Cipanas, Garut, serta Pelabuhan Ratu.

Selain itu, titik keramaian jelang pergantian Tahun di Jakarta antara lain Ancol, Monas dan sekitarnya.

Dian menambahkan kebijakan Pemerintah Daerah setempat dalam mengurai kemacetan turut memengaruhi konsumsi bahan bakar pada malam pergantian Tahun. Salah satu contoh kebijakannya adalah Car Free Night (CFN) seperti yang akan diterapkan di Bekasi dan Jakarta.

“Sebagian warga Bekasi diperkirakan akan merayakan Tahun Baru di sekitar pusat perbelanjaan,” tambah Dian.

Sementara itu, Dian memperkirakan konsumsi Solar dan Dex Series masih mengalami penurunan konsumsi hingga 1 persen dari kondisi normal karena kendaraan jenis truk belum diperbolehkan melintas di jalan tol.

Sebagai informasi, Pertamina MOR III juga membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang akan mulai bertugas sejak 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019.

Selama masa Satgas Natal 2018 dan tahun baru 2019 ini pula, Pertamina telah menggandeng pihak Kepolisian dan Jasamarga untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan mobilisasi Masyarakat selama masa liburan akhir Tahun.

Dari sisi operasional, Dian menjelaskan Terminal BBM milik Pertamina akan beroperasi 24 jam sebagai upaya untuk penyaluran BBM lebih cepat dibanding kondisi biasanya.

“Ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dan LPG selama masa libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,” ungkap dia.

Layanan tambahan yang disiapkan khusus oleh Pertamina untuk lonjakan permintaan BBM di masa liburan akhir Tahun ini jelas Dian, berupa 39 titik SPBU Kantong, 12 titik Kios BBM Kemasan (KIOSK), 24 unit layanan BBM Motor dan 8 titik Mobile Dispenser.

“Fasilitas tambahan tersebut tersebar di jalur tol dan titik rawan lainnya yaitu lokasi wisata yang kerap menjadi tujuan liburan,” tutur Dian. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.