Perwira Siswa Antusias Belajar Jurnalistik

  • Bagikan
Jurnalistik
Pelatihan Jurnalistik

PortalMadura.Com, Surabaya – Perwira Siswa antusias mengikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh TNI AD di Pusdik Pengmilum Kodiklat TNI AD.

Pelatihan yang dilakukan di Pusdik Pengmilum tersebut diikuti oleh Perwira Pertama (Pama) yang berasal dari perwakilan satuan jajaran TNI AD seluruh Indonesia.

Pada pelatihan itu, selain dijelaskan mengenai cara efektif membuat rilis, para peserta juga mengikuti praktik cara membuat berita dengan konsep 5W dan 1H yaitu what, where, when, who, why, dan how (apa, di mana, kapan, siapa, kenapa, dan bagaimana).

Salah satu peserta Kapten Chb Shodik mengaku sangat senang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Menurutnya, masih banyak yang harus dipelajari personel Penerangan Kodam (Pendam) V/Brawijaya khususnya yang berada di bagian layanan informasi terkait publikasi melalui pemberitaan

“Kendala selama ini memang kesulitan dalam penulisan, ada beberapa hal pada penulisan berita yang kurang kami pahami. Misalnya bagaimana agar penulisan pada rilis bisa lebih efektif,” katanya.

Selama ini, Penerangan Kodam V/Brawijaya sendiri aktif melakukan publikasi melalui pengiriman rilis ke sejumlah media lokal baik cetak maupun elektronik.

Kegiatan pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi Pasis, terlebih bagi Pama Pendam V/Brawijaya yang berkiprah didunia jurnalistik.

“Hari ini Pasis akan mendapat kesempatan untuk belajar menjadi presenter televisi langsung dari ahlinya dan Pasis langsung belajar cara membuat berita dan wawancara”, ucapnya

“Ada kerja sama dengan beberapa media, salah satunya adalah kami membuat rilis yang nantinya dipublikasi oleh media massa yang bersangkutan,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya sangat memerlukan pelatihan jurnalistik tersebut agar kualitas penulisan rilis menjadi lebih baik dan dapat menjadi sarana yang efektif bagi kegiatan sosialisasi mengenai tugas dan fungsi Kantor Pendam V/Brawijaya kepada masyarakat luas.(rls/har)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.