oleh

Pesan Moral Bupati Pamekasan di Hari Kesaktian Pancasila

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang digelar setiap tanggal 1 Oktober di lapangan Pendopo Agung Ronggosukowati, Kamis (1/10/2020).

Upacara yang dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tersebut digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penularan Covid-19.

“Makna dari kesaktian pancasila itu mampu menjadi perekat seluruh perbedaan yang ada. Baik perbedaan kepentingan atau perbedaan lainnya bisa dipertemukan dalam nilai-nilai pancasila,” kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam usai upacara.

Sarjana Psikologi ini menambahkan, masyarakat Pamekasan harus bisa mengimplementasikan nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari berlandaskan Tuhan yang maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Saya harap kecintaan terhadap Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia harus didorong untuk melahirkan produktivitas, inovasi, kreasi, dan mewujudkan kesejahteraan, keadilan, kemakmuran yang berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa,” tegas politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Mantan anggota DPRD Jawa Timur ini melanjutkan, gotong royong sebagai nilai luhur bangsa Indonesia harus digalakkan sebagai pemersatu perbedaan menjadi bangsa yang berdaulat.

“Saya sebenarnya tidak yakin PKI akan bangkit kembali. Namun tidak menampik bahwa paham-paham atau sifat-sifat komunisme bisa saja masih ada di tengah masyarakat. Sehingga sifat komunisme harus dikikis dan budaya gotong royong harus ditumbuhkan kembali ditengah-tengah masyarakat,” tambah Sekjend IKA PMII Jawa Timur itu.

Bupati yang sering mendapat penghargaan dari program yang dijalankan itu menyampaikan terimakasih kepada para pejuang kemerdekaan yang telah merumuskan pancasila sebagai ideologi negara dan menjadi pemersatu bangsa Indonesia.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Muthmainnatul Lizamah

Komentar