oleh

Peserta Tes CAT CPNS Berjimat dan Wabup Sumenep Lalukan Hal Ini

PortalMadura.Com, Sumenep – Peserta tes Computer Assisted Tes (CAT) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, diketahui berjimat, Senin (27/1/2020).

Hal ini diketahui saat peserta hendak masuk ruang tes yang menggunakan gedung Sarana Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (SKD) Batuan, Jalan Raya Lenteng, Sumenep.

Pada pelaksanaan tes Computer Assisted Tes bagi CPNS tersebut, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, meninjau langsung untuk memastikan steril dan tanpa intervensi.

“Saya ingin memastikan steril tanpa ada intervensi. Silakan tunjukkan kemampuan masing-masing peserta tes CPNS ini agar bisa lolos,” katanya pada wartawan.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep, Abd. Majid, tidak menampik jika ada peserta yang memakai jimat.

“Ada yang pakai jimat, tapi tidak tahu berapa orang. Namun, kami nyatakan sudah steril,” terangnya.

Selain diawasi langsung, pihaknya juga memanfaatkan Closed Circuit Television (CCTV) dalam ruangan tes.

“Ada empat CCTV di dua ruang yang ditempati peserta tes,” sebutnya.

Pelaksanaan tes CAT CPNS ini akan berlangsung dari tanggal 27 Januari hingga 5 Februari 2020.

Materi tes CAT CPNS disusun berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Berdasarkan peraturan tersebut, soal tes CAT CPNS terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelejensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi.(*)

Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Putri Kuzaifah
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE