Peserta UMKM Antusias Ikuti Program Transformasi Digital Sampoerna 2024

Avatar of hartono
Peserta UMKM Antusias Ikuti Program Transformasi Digital Sampoerna 2024
Foto Workshop UMKM (Sumber: PT HM Sampoerna Tbk)

.Com – Peserta dari berbagai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menyatakan optimisme mereka terhadap Program UMKM Untuk Indonesia untuk Transformasi Digital 2024 yang digagas oleh PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna). Mereka berharap program ini akan meningkatkan keterampilan pemasaran online mereka dan memperluas jangkauan pasar mereka.

Program ini, yang merupakan bagian dari inisiatif Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) di bawah payung “Sampoerna Untuk Indonesia”, dilakukan bersama Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) dan Badan Riset dan Inovasi (BRIN), serta kerja sama dengan pemerintah daerah di Jakarta dan Jawa Barat. 

Peluncuran program diadakan secara hybrid pada 22 Februari 2024 di beberapa lokasi termasuk Bandung, Cirebon, Karawang, dan , bertujuan untuk mendukung 1.000 UMKM di dan Jawa Barat dalam upaya digitalisasi bisnis mereka.

Lia Amalia dari Crispy Mushroom Cirebon mengungkapkan pentingnya pendampingan berkelanjutan untuk pertumbuhan usaha UMKM. Ia berharap program ini akan melibatkan lebih banyak kegiatan business matching untuk memfasilitasi akses pasar yang lebih luas.

Di sisi lain, Leni Mariyani dari Dakey House menekankan harapannya agar program ini dapat membantu usahanya lebih mengoptimalkan penjualan online, memperluas pemasaran produk kelapa olahannya yang berkelanjutan.

Monica, pemilik usaha Madu Non Pasteurisasi Karawang, juga mengharapkan untuk meningkatkan pemahamannya tentang pemasaran online melalui platform marketplace. Usahanya, yang dimulai pada tahun 2020, telah menghasilkan berbagai produk madu dengan beragam varian dan kemasan.

Evi Rumondang dari Errumo Personal Care, yang fokus pada produk perawatan pribadi berbasis essential oil, mengutarakan kebutuhannya akan pendampingan lebih lanjut untuk memajukan penjualan. Ia yakin produknya memiliki potensi besar di pasar karena dan manfaatnya yang telah diakui konsumen.

Peserta berharap program pendampingan UMKM ini akan terus berlanjut, membantu mereka tidak hanya dalam aspek produksi dan legalitas, tetapi juga dalam pemasaran dan branding untuk meningkatkan daya saing di pasar lokal dan internasional.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.