Petronas Resmikan 2 Program CSR di Sampang dan Tanam Bibit Mangrove

Avatar of PortalMadura.com
Petronas Resmikan 2 Program CSR di Sampang dan Tanam Bibit Mangrove
Petronas meresmikan 2 program CSR di Sampang, Kamis (10/11/2022). (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, melalui anak perusahannya, . (PCK2L), bersama jajaran SKK Migas Jabanusa hadir di Pendopo Trunojoyo, Kabupaten Sampang, Madura, untuk meresmikan dua program , yaitu pembangunan Taman Merdeka Ketapang dan Pemecah Ombak (breakwater), serta dimulainya pembangunan Rumah Pintar.

Selain itu, pada tahun 2022, PCK2L juga berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan serta Yayasan Beasiswa Sampang untuk memberikan bantuan beasiswa kepada pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mahasiswa secara simbolik.

Persiapan serta pembangunan Taman Merdeka Ketapang yang terletak di Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, dimulai pada tahun 2020 dan terbagi menjadi tiga tahap pembangunan. Tahap ketiga diselesaikan pada kuartal keempat tahun 2022.

Taman Merdeka Ketapang memiliki luas 2,500 meter dibangun dengan tujuan untuk menjadi tempat rekreasi masyarakat, serta mendorong peningkatan ekonomi daerah melalui kios-kios UMKM di sekitarnya.

Bupati Sampang Slamet Junaidi menyampaikan rasa terima kasihnya atas sinergi baik yang telah terjalin antara PCK2L dan pemerintah daerah. Dalam menjaga komitmennya untuk senantiasa memajukan Kabupaten Sampang.

Ia berharap, program CSR yang dijalankan di Kabupaten Sampang dapat terus memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat dan tidak tumpang tindih dengan program pemerintah daerah.

“Kami berharap Taman Merdeka Ketapang yang dibangun dapat bermanfaat untuk kegiatan kemasyarakatan, pemuda dan membangkitkan perekonomian,” katanya.

Sementara itu, program pembangunan pemecah ombak (breakwater) yang berada di Desa Nepa dilakukan untuk memperbaiki jalur akses melaut para nelayan lokal dan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas nelayan di Kecamatan Banyuates dan Kecamatan Ketapang.

Breakwater tersebut memiliki panjang 150 meter dan juga telah berhasil diselesaikan pada bulan Juli 2022.

Pada hari sebelumnya, PCK2L telah melaksanakan penanaman bibit mangrove di Desa Manyarsidomukti, Gresik, Jawa Timur.

Sebanyak 10.000 bibit mangrove yang terdiri dari jenis Rhizopora SP, Sonnetaria Casiolaris dan Aveccinea Alba telah ditanam di dekat daerah aliran Sungai Bengawan Solo yang didukung oleh lebih dari 200 orang sukarelawan yang dikoordinir oleh Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) Desa Manyarsidomukti.

Program itu sejalan dengan program kegiatan bersama SKK Migas-KKKS yang dicanangkan oleh SKK Migas. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen PCK2L untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat daerah operasi.

“Penanaman bibit mangrove ini merupakan bentuk kesadaran dari perusahaan, pemerintah maupun stakeholder serta komponen masyarakat yang peduli lingkungan. Kelestarian ekosistem mangrove ini, tidak dapat dilaksanakan hanya oleh pemerintah, melainkan dibutuhkan keterlibatan dan kerjasama semua pihak,” ujar Fandi Akhmad Yani, Bupati Gresik.

Sementara itu Kepala SKK Migas Jabanusa Nurwahidi mengatakan, bahwa kolaborasi penanaman mangrove ini sangat positif bagi kelestarian lingkungan.

“Keberadaan mangrove ini sangat penting untuk menjaga abrasi serta ekosistem biota laut,” katanya.

Yuzaini Yusof, selaku President Director PCK2L menyampaikan, seluruh program CSR dapat terlaksana dengan lancar karena kolaborasi yang kuat antara Petronas dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang dan Gresik, SKK Migas Jabanusa, dan masyarakat setempat.

“Saya ingin mengungkapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah sepenuh hati mendukung kesuksesan program-program ini dari awal perencanaan hingga eksekusinya,” katanya.

Program penanaman mangrove merupakan bagian dari Petronas Sustainability Agenda dalam pelestarian lingkungan agar bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Hal ini juga mencerminkan komitmen untuk menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan, dan pembangunan sosial di wilayah tempat beroperasi.

“Kami percaya bahwa penanaman bibit mangrove tidak hanya berkontribusi pada kesehatan ekosistem di sekitarnya secara keseluruhan, tetapi juga menyediakan habitat bagi berbagai biota laut. Penting bagi kita untuk saling mengedukasi tentang pelestarian ekosistem mangrove,” ujar Yuzaini.

Pada tahun 2022, PCK2L juga mengimplementasikan beberapa program CSR di antaranya program pengembangan UMKM, pembuatan makanan ringan berbahan dasar hasil laut, dan pelatihan membatik.

Pada sektor lingkungan, PCK2L turut serta membangun tembok penahan abrasi di Desa Randuboto, Gresik. Sementara itu, beberapa program juga dilakukan di Kabupaten Sampang, antara lain program air bersih (Kecamatan Sokobanah dan Ketapang), dan juga hibah alat tangkap dan keperluan masyarakat nelayan (Kecamatan Banyuates).

Petronas juga merupakan Kontraktor Kerja Sama (KKKS) untuk Wilayah Kerja Ketapang, North Ketapang dan North Madura II, di lepas pantai Jawa Timur berkomitmen untuk terus memberikan nilai dan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar daerah operasi.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.