Petugas Gabungan Periksa Kendaraan Angkut Sapi

Avatar of PortalMadura.com
Petugas Gabungan Periksa Kendaraan Angkut Sapi
Pemeriksaan kesehatan hewan dan penyemprotan disinfektan (Rafi @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sampang – Petugas gabungan TNI dan Polri melakukan pemeriksaan sapi di pasar hewan, Desa Aengsareh, Kecamatan Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat (22/7/2022).

Pemeriksaan pada mobilitas kendaraan yang mengangkut sapi untuk mencegah dan mendeteksi kesehatan hewan pada penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan yang lain.

“Seluruh hewan ternak sapi yang diangkut kendaraan, kami lakukan pemeriksaan kondisi kesehatan demi mencegah infeksi PMK,” ujar Kasi Humas Polres Sampang Ipda Dody Darmawan.

Proses pemeriksaan melibatkan tenaga medis hewan dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Sampang. Petugas, juga melakukan penyemprotan disinfektan pada kendaraan angkutan hewan.

“Lebih 200 ekor sapi yang dilakukan pemeriksaan. Hasilnya, kondisi sapi dinyatakan sehat tanpa ada yang sakit atau mengalami gejala PMK,” lanjutnya.

Penyekatan mobilitas kendaraan pengangkut hewan dari daerah maupun luar daerah, sebagai upaya memaksimalkan membantu masyarakat yang memelihara hewan ternak sapi supaya tercegah dari infeksi PMK.

Baca Juga:  Pikap Guling ke Sungai, Dua Penumpang Tewas

“Penyekatan dan pemeriksaan hewan ternak menjadi prioritas kami agar dapat menyelamatkan hewan dari penyakit PKM,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.