Moms, Ketahui 6 Tanda Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan

  • Bagikan
Ibu Hamil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selagi menunggu kelahiran, ada beberapa hal yang perlu diketahui ibu hamil, salah satunya adalah tanda-tanda melahirkan. Memasuki masa kehamilan di trimester akhir, memang menjadi momen yang harus dipersiapkan dengan baik karena ibu hamil akan menghadapi persalinan. Saat menjelang melahirkan, Ibu akan merasakan beberapa tanda yang muncul selama beberapa waktu.

Tanda yang muncul akan menandakan bahwa Ibu hamil sudah memasuki tahapan melahirkan. Sebaiknya Ibu hamil mengenali semua tanda-tanda melahirkan, agar dapat segera mendapat penanganan terbaik. Sebelum proses itu terjadi berikut tanda-tanda seorang ibu hamil akan melahirkan: Perhatikan baik-baik ya!

Turunnya perut atau kandungan akan merosot
Turunnya perut akan terjadi selama beberapa minggu atau beberapa jam sebelum melahirkan. Proses turunnya kandungan saat melahirkan adalah tanda umum yang bisa dirasakan ketika bayi sudah saatnya dilahirkan. Ibu hamil akan merasakan kantung kandung kemih tertekan sehingga akan lebih sering buang air kecil.

Rasa sakit perut atau kram perut seperti sebelum menstruasi
Kram perut bisa diikuti dengan nyeri punggung bagian belakang dan akan semakin menyakitkan seiring turunnya perut dan kontraksi pelebaran serviks. Kram perut ini terasa seperti ketika menstruasi.

Keluarnya cairan atau lendir kental bercampur darah
Keluarnya cairan atau lendir kental dibentuk di bagian serviks selama masa kehamilan. Ketika serviks mengalami pelebaran, lendir ini bercampur darah sehingga warnanya kemerahan atau merah muda.

Adanya kontraksi
Kontraksi perut diiringi dengan kerasnya perut dan nyeri di area bawah perut dan punggung bagian belakang.

Air ketuban pecah
Air ketuban pecah terjadi ketika ada tekanan karena turunnya perut. Kontraksi juga menekan air ketuban sehingga membuat air ketuban pecah.

Penipisan atau melebarnya serviks
Karena tubuh ibu mempersiapkan diri untuk melahirkan. Maka, secara alami akan ada pelebaran serviks untuk jalannya bayi yang akan keluar. Seringkali ini yang menjadi ukuran ‘bukaan’ kapan bayi bisa dilahirkan atau dikeluarkan dari perut ibu.

Moms, terkadang hari melahirkan tak bisa diduga dan ibu hamil serta keluarga terdekat harus bersiap kapan hari persalinan datang. Selain tanda-tanda di atas, persiapkan juga hati dan mental agar tetap tenang saat persalinan.(Vemale.Com/Nurul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.