Petugas Medis RSUD Sumenep Dilatih Cauti

Peserta pelatihan Cuati
Peserta pelatihan Cauti RSUD Sumenep (Foto. Istimewa)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Para tenaga medis di lingkungan RSUD dr. H. Moh. Anwar, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, telah mendapat pelatihan Catheter Associated Urinary Tract Infection (Cauti).

Peserta utama adalah pengurus IPCLN (Infection Prefention and Control Link Nurse) dan perawat ruang inap. Pelatihan itu diselenggarakan oleh Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) setempat.

“Pelatihan itu memang sangat dibutuhkan oleh petugas medis guna menambah ilmu pengetahuan mereka dalam usaha mewujudkan kualitas pelayanan,” terang Direktur RSUD Sumenep, dr. Fitril Akbar, Rabu (1/8/2018).

Cauti merupakan salah satu dari infeksi nosokomial yang terjadi di rumah sakit akibat penggunaan kateter urin. Kasusnya sudah ditemukan di beberapa rumah sakit di Amerika yang angkanya mencapai 11 persen. Sedangkan di Eropa lebih tinggi hingga mencapai 42 persen.

Baca Juga:  Apresiasi Rumah Restorative Justice Unija, Wabup Sarankan Kerjasama dengan Ponpes

Pelatihan Cauti yang diselenggarakan, Selasa (31/7/2018), di Ruang Pertemuan Graha Bhakti Husada setempat itu, diharapkan mampu memahami cara mencegah Cauti, mengetahui tata cara pemasangan dan perawatan pasien dengan kateter.

“Tak kalah pentingnya, juga dapat melakukan pencatatan pelaporan pasien dengan pemasangan kateter dan Cauti. Selain itu, mampu menerapkan sesuai lingkup kerja dan tanggung jawab masing-masing petugas medis,” pungkasnya. (Hartono)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.