Petugas Medis RSUD Sumenep Dilatih Cauti

Avatar of PortalMadura.Com
Petugas Medis RSUD Sumenep Dilatih Cauti
Peserta pelatihan Cauti RSUD Sumenep (Foto. Istimewa)

PortalMadura.Com, – Para tenaga medis di lingkungan RSUD dr. H. Moh. Anwar, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, telah mendapat pelatihan Catheter Associated Urinary Tract Infection (Cauti).

Peserta utama adalah pengurus IPCLN (Infection Prefention and Control Link Nurse) dan perawat ruang inap. Pelatihan itu diselenggarakan oleh Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) setempat.

“Pelatihan itu memang sangat dibutuhkan oleh petugas medis guna menambah ilmu pengetahuan mereka dalam usaha mewujudkan kualitas pelayanan,” terang Direktur , dr. Fitril Akbar, Rabu (1/8/2018).

Cauti merupakan salah satu dari infeksi nosokomial yang terjadi di rumah sakit akibat penggunaan kateter urin. Kasusnya sudah ditemukan di beberapa rumah sakit di Amerika yang angkanya mencapai 11 persen. Sedangkan di Eropa lebih tinggi hingga mencapai 42 persen.

yang diselenggarakan, Selasa (31/7/2018), di Ruang Pertemuan Graha Bhakti Husada setempat itu, diharapkan mampu memahami cara mencegah Cauti, mengetahui tata cara pemasangan dan perawatan pasien dengan kateter.

“Tak kalah pentingnya, juga dapat melakukan pencatatan pelaporan pasien dengan pemasangan kateter dan Cauti. Selain itu, mampu menerapkan sesuai lingkup kerja dan tanggung jawab masing-masing petugas medis,” pungkasnya. (Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.